Humas sebagai Stakeholder Sekolah dalam Keterserapan Lulusan Siswa SMK Kesehatan Yannas Husada

Kamiliyah Kamiliyah(1),


(1) Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan hubungan masyarakat sebagai stakeholderdi sekolah dalam keterserapan lulusan siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Humas membuat beberapa program khusus yang di telah disusun di awal dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaannya, (2) Persentase  keterserapan lulusan siswa SMK Kesehatan Yannas Husada dalam periode tiga tahun terakhir adalah 20% siswa yang bekerja, 55% siswa yang melanjutkan pendidikan, dan 25% siswa yang tidak atau belum bekerja.

The purpose of this research is to find out the efforts made by public relations as a stakeholder in schools in the availability of vocational school graduates. This research uses a qualitative method with a descriptive qualitative approach. Data collection techniques through (1) Observations, (2) Interviews, and (3) Documentation Studies. The results showed that (1) Public Relations made several special programs that had been prepared at the beginning and implemented in accordance with the planning, (2) The percentage of graduates of SMK Kesehatan Yannas Husada in the last three years was 20% of students working, 55% of students continued their studies, and 25% of students did not or had not worked.

Keywords

education; education research; education management

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dhuhani, Elfridawati Mai. 2016. Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) As-Salam Ambon. Jurnal Al-Iltizam, Vol. 1 No. 1. Hlm. 31-54.

Ismail, Agung Deddiliawan., & Anis Farida Jamil., & Adityo. 2018. Manajemen Humas SMK Muhammadiyah 3 Wagir untuk Meningkatkan Kredibilitas Sekolah. Jurnal pengabdian masyarakat berkemajuan, Vol. 2 No.1. Hlm. 13-17.

Juhji., dkk. 2020. Manajemen Humas pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kholis, Nur., & Zamroni., & Sumarno. 2014. Mutu Sekolah dan Budaya Partisipasi Stakeholders. Jurnal pembangunan pendidikan: Fondasi dan aplikasi, Vol. 2 No. 2. Hlm. 130-142.

Maulana, Rizal., & Hengky Pramusinto. 2020. Strategi Humas Dalam Menjalin Good Relationship dengan DU/DU. Economic Education Analysis Journal, Vol. 9 No. 1, Hlm. 228-242.

Nur Harini, Ira., & Karwanto. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4. Hlm. 8-20.

Rahmad, Abdul. 2016. Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, Hendro. (2017). Manajemen Perubahan Budaya Sekolah. Manageria: Jurnal manajemen pendidikan islam, Vol. 2 No. 2. Hlm. 287-306.

K. A. Mutaqin, Muhammad., & Kusnawa, Wowo S., & Sriyono. 2015. Studi Eksplorasi Keterserapan Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Bandung pada Industri Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 2. Hlm. 247-252.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Kamiliyah Kamiliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.