KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR BERBENTUK POP UP CARD PADA PEMBELAJARAN SISWA SMP

Linda Noviyanti(1), Kukuh Santoso(2), Noor Aini Habibah(3),


(1) Jurusan Biologi, FMIPA UNNES, Indonesia
(2) Jurusan Biologi, FMIPA UNNES, Indonesia
(3) Jurusan Biologi, FMIPA UNNES, Indonesia

Abstract

Pembelajaran materi organisasi sistem kehidupan di SMP Negeri 3 Pabelan tidak dapat dilakukan dengan pengamatan langsung karena keterbatasan sarana dan prasarana. Media kartu pop up  card adalah salah satu yang dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pop up card dalam pembelajaran materi organisasi kehidupan di sekolah ini. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan ialah metode “True Experimental Design” bentuk “Pretest-Posttest Only Control Design”. Data yang diambil adalah data hasil belajar siswa, aktivitas siswa, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Berdasarkan hasil uji t perbedaan mean antara pretest posttest diperoleh t hitung = 1.679 dan t tabel = 1.671, untuk t> t tabel, maka Ho ditolak. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan 93,94%, sedangkan kelas kontrol 78,13%. Aktivitas siswa kelas eksperimen, 72,7% siswa pada pertemuan pertama dan 84,8% siswa pada pertemuan kedua tergolong aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, penggunaan kartu pop up card efektif dalam pembelajaran sistwm organisasi kehidupan di SMP N 3 Pabelan

 

Learning material organization of life systems in SMP Negeri 3 Pabelan can not be carried out by direct observation because of limitations facilities and infrastructure. Pop up card is media that can be used. This research aims to determine the effectiveness of pop up card in learning material organization of life in this school. The samples in this study were taken by purposive sampling technique. The method is the True Experimental Design form Pretest-Posttest Only Control Design. The data is taken from student learning outcomes, student activities, student and teacher responses. Based on the results of t-test the mean difference between pretest posttest obtained t = 1.679 and the t table = 1.671, t> t table, so Ho is rejected. Analysis of the research showed that the experimental class students achieve mastery 93.94%, while the control class is 78.13%. Experimental activity graders, 72.7% of students at the first meeting and 84.8% of students in the second meeting have an active and very active criteria.  Based on the results of this study concluded that pop up card is effectively used in learning the material organization of life systems in SMP N 3 Pabelan

 

Keywords

organization of life systems; pop up card

Full Text:

PDF

References

Darsono, M., A. Sugandhi, Martensi, R.K. Sutadi, & Nugroho. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Diner L. 2009. Efektivitas Media Gambar dalam Pengajaran Kuremasu Pada Mata Kuliah Struktur (Bunpoo) Bahasa Jepang. Lembaran Ilmu Kependidikan. 38 (1): 35-39

Faizah, U. 2009. Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan. 28 (3): 249-256.

Gusti. 2006. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Biologi Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Berbasis Gambar (Picture and Picture) Pada Siswa Kelas XI IPA MA Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Jurnal Guru. 1 (3):33-47.

Keegan, S.N. (2007) Importance of Visual Images in Lecturers: Case Study on Tourism Management Students. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education.6 (1): 58-65.

Kristianingsih, D.D, Sukiswo, S.E. & Khanafiyah, S. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat- Alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. (6):10-13.

Nugrahani, R. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. 36 (1): 35-44

Parsons, E.R.C. 2004. Use of Images as Reflective Discrepant Events. Electronic Journal of Science Education. 1 (9).

Pinky. 2008. Kirigami Seni Lipat-Potong Kertas. On line at. http://mamapinky.com/hobby/kirigami-seni-lipat-potong-kertas/ [diakses tanggal 9 Januari 2010].

Saptono, S. 2009. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Unnes Press.

Sardiman, AM. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yuniarti E. 2004. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Komunikatif dengan Teknik Picture Cue Cards di SMK Negeri 3 Purwokerto. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 1 (VI): 114-124.

Yuswarni. 2007. Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN 07 Silaing Bawah pada Materi Luas Daerah Segi Banyak. Jurnal Guru. 2 (4): 103-107.

Zaim. 2005. The Effect of Using Intructional Media Toward the Learning Achievement of English. Jurnal Guru. 2 (2):77-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Linda Noviyanti, Kukuh Santoso, Noor Aini Habibah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.