PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGARAH PADA PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Lianita Rarasandy(1), Dyah Rini Indriyanti(2), Kukuh Santosa(3),


(1) Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan dan penguasaan konsep siswa terhadap materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 1 Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan pola one group pretest-posttest design yang diterapkan pada kelas VII B dan VII C. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Penilaian kepedulian siswa terhadap lingkungan diambil dari skala psikologis kepedulian siswa dan hasil observasi, sedangkan untuk penguasaan konsep diambil dari perbandingan N-gain nilai pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor psikologis siswa yakni 71,03% dan rata-rata N-gain untuk penguasaan konsep 0,46 pada kelas VII B dan 0,47 pada kelas VII C. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran biologi yang mengarah pada penanaman karakter peduli lingkungan dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan dan penguasaan konsep siswa pada materi pengelolaan lingkungan

 

This study aims to increase the students' environmental awareness and concept mastery of the environmental management material in SMP Negeri 1 Jekulo Kudus. This study was a Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design which was applied to the class of VII B and VII C. Samples were collected by convenience sampling. Students’ environmental awareness were assessed by the use of the psychological scale and observations, while the mastery of the material concepts were drawn from a comparison of N-gain pretest-posttest scores. The results showed that the average of students' psychological scale scores  is 71,03% and the N-gain average of the concept mastery was 0.46 in VII B class and 0.47 in VII C class. the study results support that biology class which orient the students to develop their environmental awareness character can improve the students' environmental awareness and mastery concept of environment management.

 

Keywords

Character; Environmental Awareness.

Full Text:

PDF

References

Dimopoulos ID, S Paraskevopoulos, JD Pantis. 2009. Planning Educational Activities and Teaching Strategies On Contructing a Conservation Educational Module. International Journal of Environmental and Science Education, 4 (4): 351-364.

Gautreau TB & IC Binns. 2012. Investigating Student Attitudes & Achievements in an Environmental Palce-Based Inquiry in Secondary Classrooms. International Journal of Environmental & Science Education 2 (7):167-195.

[Kemendiknas] Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Nurchaili. 2010. Membentuk karakter siswa melalui keteladanan guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16 (III):233-244.

Nurdin. 2006. Pengaruh Variabel-Variabel kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 63 (XII):895-914.

Parlo AT & MB Butler. 2007. Impediments to environmental education instruction in the classroom: a post-workshop inquiry. Journal of Environmental & Science Education 2 (1):32-37.

Purves WK, D Sadava, GH Orians & C Heller. 2003. Life-The Science of Biology. USA: Sianuer Associates And W. H. Freeman.

Raharjo SB. 2010. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Meningkatkan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16(3):20.

Santiningtyas K. 2012. Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri terhadap Hasil belajar Materi Ekosistem. Unnes Journal of Biology Education 1 (2):91-98.

Suharjana. 2012. Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat dan Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter II (2):189-201.

Suherman A. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Berbasis Kompetensi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian 9(1):1-16.

Warlina L, N Soelaeman & S Listyarini. 2010. Pendidikan Jarak Jauh sebagai Sarana Perbaikan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 11 (1):51-60.

Wesnawa IGA. 2004. Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan melalui Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran XXXVII (1):115-125.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Lianita Rarasandy, Dyah Rini Indriyanti, Kukuh Santosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.