Efektifitas Pembelajaran Daring dan Tingkat Ketercapaian Mutu pada Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Jambi

Fortunasari Fortunasari(1), Syamsurizal Syamsurizal(2), Adrefiza Adrefiza(3), Dedy Kurniawan(4),


(1) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Jambi
(2) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Jambi
(3) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Jambi
(4) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Jambi

Abstract

Dalam masa pandemi Covid-19 penyelenggaran pembelajaran daring telah berjalan pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk memonitor efektifitas  pembelajaran daring di Universitas Jambi dan dampaknya terhadap pencapaian standar mutu Unja. Metode penelitian yang dilakukan melalui survey deskriptif dan evaluatif dimana populasinya adalah seluruh dosen dan mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 403 dosen menganggap 72% telah berjalan dengan baik dari aspek teknologi(75%), pedagogi(67%), etika(79%), dukungan fasilitas(68%), evaluasi(67%) dan desain interface(68%) sedangkan dari sisi mahasiswa sebanyak 7806 orang memperlihatkan 70% pembelajaran daring  telah berjalan efektif bila ditinjau dari aspek praktikalitas(65%),interaktifitas (62%),sumber belajar lain (74%), berkolaborasi (68%), keotentikan (73%) dan kontrol belajar (80%). Kemudian dampaknya terhadap pencapaian standar mutu Unversitas Jambi pada kompetensi lulusan termasuk kategori kompeten dalam literasi data (67%), teknologi(80%) dan humanistik (69%). Selain itu efektifitas pemenuhan standar isi sudah sesuai CPL (79%), pencapaian standar proses kategori baik (40%)  dan ketercapaian CPL(70%) .

Kata Kunci: daring, covid-19,efektifitas, dampak, standar

Keywords

COVID 19, effectiveness, impact, online learning, standards

Full Text:

PDF

References

Belmawa Kemristekdikti. (2018, Mar 16). Program Hibah Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) 2018. Retrieved Apr 19, 2020, from LL DIKTI: https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2018/03/16/program-hibah-penyelenggaraan-sistem-pembelajaran-daring-spada-2018.html

Belmawa Ristekdikti. (2018). Menristekdikti Luncurkan E-Learning/ Hybrid Learning, Strategi Pendidikan Tinggi untuk Kaum Milenial. Retrieved Apr 5, 2019, from Belmawa Ristekdikti: https://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/05/12/menristekdikti-luncurkan-e-learning-hybrid-learning-strategi-pendidikan-tinggi-untuk-kaum-milenial/

Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti. (2018). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0.

Highley, M. (2013, Oct 15). Benefits of snchronous and aynchronous e-larning. Retrieved Apr 19, 2020, from eLearning Industry: https://elearningindustry.com/benefits-of-synchronous-and-asynchronous-e-learning

Hrastinski, S. (2008). Asynchronous and synchronous e-learning. EDUCAUSE Quarterly, 4(October - December), 51-55.

Khan, B. (2005). Managing e-learning strategies: Design, delivery, implementation, and evaluation. Hershey, PA: Idea Group, Inc.

Littlejohn, A., & Pegler, C. (2007). Preparing for blended e-learning. New York, NY: Routledge.

Pannen, P. (2016). Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Surat Edaran Kemendikbud No.36962/MPK.A/HK/2020) pada tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran Secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Fortunasari Fortunasari, Syamsurizal Syamsurizal, Adrefiza Adrefiza, Dedy Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.