Pembelajaran Daring Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Prasetyo Widyanto(1), Naniek Sulistya Wardani(2), Intan Permana(3),


(1) Satya Wacana Christian University
(2) Program Studi PPG-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Program Studi PPG-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 menggunakan model Think Talk Write berbantuan media Padlet. Penggunaan Padlet pada model pembelajaran Think Talk Write bermaksud untuk menciptakan pembelajaran yang memfasilitasi untuk belajar secara mandiri dan berkolaborasi dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Kalicacing 02 tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Talk Write berbantuan Padlet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Rata-rata hasil belajar siswa pada tiap siklus selalu meningkat. Awalnya hasil tes kemampuan menalar siswa pada Pra Siklus hanya mencapai 53,6, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 65,7, pada Siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 77,8.

Keywords

Think Talk Write, Padlet, pembelajaran daring, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References

Aneros, N. (2020, December). Japanese Learners’ Perception of Using Padlet in Japanese Composition (Sakubun) Skills. In 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020) (pp. 499-505). Atlantis Press.

Azrah, M. (2017). Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 009 Tembilahan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 213-224.

Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.

Faslah, R. (2011). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep Ips Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bermakna. Jurnal Ilmiah Econosains, 9(2), 167-170.

Hartanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Dengan Bantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika , 4 (1), 10-17

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Mulyasa, E. (2008). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noviarny, D. A., Murtono, M., & Ulya, H. (2018). Model Think Talk Write Berbantuan Media Monomat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 21-28.

Saepuloh, A., & Salsabila, V. A. (2020). The Teaching Of Writing Recount Texts By Utilizing Padlet. Indonesian EFL Journal, 6(1), 45-54.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., ... & Sahir, S. H. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Huda, S , Munifah, M , Umam, R . (2020). Think Talk Write (TTW) Learning Model on Thinking Skills, Creativity, and Problem Solving . Journal of Gifted Education and Creativity , 7 (1) , 25-32.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Prasetyo Widyanto, Naniek Sulistya Wardani, Intan Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.