Penerapan Pembelajaran Aplikasi Berbasis Android pada Mata Pelajaran PBM Dimasa Pandemi Covid-19

Heni Purwanti(1),


(1) 

Abstract

Proses pembelajaran yang telah terlaksana selama  sebelum adanya Covid-19 adalah proses pembelajaran secara tatap muka, yaitu pembelajaran yang dilaksanakan secara klasikal dan dipimpin oleh seorang guru / tutor. Dengan munculnya virus corona dimasa ini dikhawatirkan pembelajaran secara tatap muka tersebut akan menyebabkan menyebarnya virus corona karena penularan secara langsung. Salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksanakan selama masa pandemi darurat Covid-19 adalah pembelajaran secara online. Berbagai cara pembelajaran online dilaksanakan oleh guru yang kreatif selama proses pembelajaran, salah satunya yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah memanfaatkan media pembelajaran aplikasi berbasis android dengan materi daging sapi dan hasil olahan daging sapi, yang di dalam aplikasi tersebut berisi : materi, permainan puzzle (game) dan latihan soal-soal (evaluasi). Dengan adanya media pembelajaran berupa aplikasi puzzle berbasis android diharapkan akan membuat proses pembelajaran lebih menarik. Sasaran penelitian kali ini adalah klas X Kuliner 1. Berdasarkan data yang diperoleh pada penelitian ini dikatakan bahwa pembelajaran materi daging sapi dan olahannya dapat memanfaatkan aplikasi berbasis android. Data dari penelitian ini didapatkan sebanyak 97% siswa dapat mengirimkan tugas 1 dan 100% siswa mengirimkan tugas 2, sedangkan untuk KKM hasil beajar siswa sebesar 87,9% siswa dapat mencapai KKM.

 

Keywords

Android, aplikasi, pandemi

Full Text:

PDF

References

Ahmad, N., Muhammad, W. B., & Abdul, H.M. 2014. Smart phone application evaluation with usability testing approach. Journal of Software Engineering and Applications, 7(11).

Bujeng, B., Kamis, A., Hussain, M.A.M., Rahim, M.B. & Sunaryo, S. 2019. Validity and reliability of multimedia interactive making clothes (mimp) module for home science subjects. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(8).

Fanny, Arif Mahya, Siti Partini Suardiman. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol. I No. 1.

Ghavifekr, S. & Wan A.W.R. 2015. Teaching and learning with technology: effectiveness of ict integration in schools. International Journal of Research in Education and Science, 1(2).

Irmi, Hasan, M. & Gani, A. 2019. Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan quick response code untuk meningkatkan ketrampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 3(2).

Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and communication Technology Education. (IJICTE) 15 (1) https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107 Kuo, Y. C., Walker, E. A., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. (2014).

Kuswanto, Joko dan Ferri Radiansah, Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI, Jurnal Media Infotama, Vol. 14 No. 1, Februari 2018.

Luke, B. & Kate, H. 2011. Developing and enhancing independent learning skills using video tutorials as a means of helping students help themselves. Accounting Research Journal, 24(3).

Mulkan di dalam Mgs. Nazarudin, 2007, Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karaktristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Yogyakarta, Teras.

Mulyasa, E., 2011, Menjadi Guru Professional: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muyaroah, Siti & Mega Fajartia, (2017), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi, Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET 6 (2).

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning online learning and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. Volume 14, Issue 2, March https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001 Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020)

Nazar, Muhammad, Zulfadli, Anggi Oktarina, Kana Puspita (2020), Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Membantu Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) Volume 8, Nomor 1. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Parmin, P., & Savitri, E.N. 2020. The influence of science, environment, technology, and society in creative industries on scientific-based business designing skills of pre-service science teachers. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1).

Rahayu Rahman Firman, Sari. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesia Journal of Educational Science (IJES) Volume 02, N0. 02 Maret 2020.

Resiani, Ni Kadek, Anak Agung Gede Agung, I Nyoman Jampel. (2015). Pengembangan Game edukasi Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, Vol: 3 No: 1.

Satyaputra, Alfa & Maulina Eva Aritonang. (2016). Let’s Build Your Android Apps With Android Studio. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Trianto, 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta, Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Heni Purwanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.