Peningkatan Kompetensi Guru SMP N 1 Purworejo dalam Menyusun Laporan PTK melalui Metode Bimdam Terprogram

Kusnaeni Kusnaeni(1),


(1) SMP N 1 Purworejo

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru SMP Negeri 1 Purworejo dalam menyusun laporan PTK melalui bimdam terprogram. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah jika setiap guru peserta bimdam terprogram di SMP Negeri 1 Purworejo memiliki nilai kompetensi menyusun laporan PTK ≥ 85. Penelitian dilaksanakan bulan Juli sampai dengan Oktober 2019 pada tahun pelajaran 2019/2020 di SMP N 1 Purworejo. Subjek penelitian adalah 6 guru PNS SMP N 1 Purworejo dari beragam mapel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi, observasi, dan evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif komparatif. Langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam 2 siklus utama yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kompetensi guru SMP N 1 Purworejo dalam menyusun laporan PTK. Hal tersebut ditunjukan oleh data hasil penelitian yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 81,98 dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 95,03. Nilai terendah pada siklus I diperoleh 80,45 dan pada siklus II meningkat menjadi 92,47. Selanjutnya untuk nilai tertinggi pada siklus I diperoleh 83,49 dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 97,12. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru SMP N 1 Purworejo dalam menyusun laporan PTK melalui metode bimdam terprogram tahun pelajaran 2019/2020

Keywords

Kompetensi Guru, Laporan PTK, dan Bimdam Terprogram

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Kusnaeni Kusnaeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.