PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERVISI SETS KOMPETENSI TERKAIT PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT ORGAN TUMBUHAN

Siti Shofiyah(1), Dyah Rini Indriyanti(2), Achmad Binadja(3),


(1) Prodi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
(3) Prodi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pembelajaran IPA di SMPN 3 Mranggen kompetensi terkait pengendalian hama dan penyakit organ tumbuhan belum mengintegrasikan keterkaitan antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektifitas perangkat pembelajaran IPA Bervisi SETS kompetensi terkait pengendalian hama dan penyakit organ tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian yang dilakukan adalah Research and Development. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Mranggen dan sentral pertanian organik desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Sampel penelitian adalah peserta didik SMPN 3 Mranggen sejumlah 93. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan pertimbangan.Uji skala terbatas 10 peserta didik, uji skala luas tahap 1 sejumlah 27 peserta didik, dan uji skala luas tahap 2 kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 28 peserta didik. Produk yang dikembangkan  berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKS, LDS, dan alat evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan seluruh peserta didik mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 92 dan N-gain sebesar 0,83. Seluruh peseta didik bersikap baik, terampil, dan aktif.  Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA bervisi SETS kompetensi terkait pengendalian hama dan penyakit organ tumbuhan valid dan efektif.

 

The learning Science in Public lower sec School 3, Mranggen did not utilize the integrate linkages of science, environment, technology and society. The purpose of this study was to know the effectiveness of learning package that feature SETS vision in the competency related to pest and disease control of plants organs to improve the outcomes of students. The study used Researh and Development design. The study was conducted in Public Lower Sec School 3 Mranggen and central organic farming in Tlogoweru village Guntur, Demak, Central Java. Selected under purposive random sampling. Small sample was 10, the large scale sample 27. The control sample class and the experiment class were using 28 students, of each products developed are syllabi, lesson plan, teaching materials, worksheet discussion sheet and evaluation instrument. The results showed that the learning implemented can help all students to the competency with an average value of 92 and the N-gain 0,83. All students are kind, skillful and active in learning process. The learn of science that feature SETS vission was valid, and effective to be used in achieve the designated competency the science learning SETS vision competence related pest and disease control of plants organs.

Keywords

SETS Vision, Competence Related Pest and Disease of Plants Organs, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References

Binadja A. 2005. Pedoman Praktis Pengembangan Silabus Pembelajaran Berdasar KBK bervisi dan Berpendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society). Laboratorium SETS Unnes. Semarang

Binadja A. 2002. Pendidikan bervisi SETS (Science, Environment, Technology and Society) Implikasi Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pendidikan Dasar dan Menengah Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Berorientasi Keterampilan Hidup dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. PPS Unnes. Semarang 27 Pebruari 2002.

Borg W R & Gall M D. 1983. Educational Research: An Introduction 4th ed) New York: Longman Inc.

Chotimah N. 2010. Pengembangan Pembelajaran Bervisi SETS Materi Sistem Koordinasi (Dilengkapi dengan Multimedia Interakstif). Tesis.Pascasarjana UNNES.

Deen IS, Bettye PS. 2006. Contextual Teaching and Learning Practices in The Family and Consumer Science Curriculum. Journal of Family and Cosumer Science Educational. 24(1): 14-23.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi, Lampiran 2 Mengenai Standar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Depdiknas.Djunaedy A. 2009. Biopestisida sebagai Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang Ramah. Lingkungan. EMBRYO VOL. 6 NO. 1.ISSN 0216-0188

Fuad M. 2006. Pembelajaran pupuk dan pemupukan dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat (S-T-M): studi kuasi eksperimen dalam pembelajaran pada konsep pupuk dan pemupukan pada salah satu MAN di Kotamadya Pekanbaru. Tesis. Pasca Sarjana Unnes.

Indihartati S. 2008. Pengaruh Penerapan Lembar Kegiatan Bervisi SETS pada Aktifitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran. Tesis. Program Pasca Sarjana UNNES.

Indriyanti. DR. dan Suprihationo. 2004. Meningkatkan Kualitas pembelajaran Biologi pada Siswa Kelas I SMA Negeri 5 melalui Pendekatan Kontekstual Bervisi SETS dalam Rangka Mendukung Kurikulum 2004. Laporan Penelitian. Semarang: UNNES.

Indriyati DR, Nurwati S, Wahyuni K, Lisdiana. 2000. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa kelas II SMU N 1 Semarang pada pokok bahasan fisologi tubuh manusia dengan teknik pendekatan SETS. Laporan Penelitian. Semarang: UNNES

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Latifah M. 2006. Pengembangan Model pembelajaran Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat dalam Kuriklum berbasis Kompetensi. Makalah. Seminar Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor. Bogor, 3 Desember 2006.

Lianah. 2003. Keefektifan Model Pembelajaran Praktikum Pemanfaatan Laboratorium Alam Berpendekatan SETS terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Semester II SLTP I Patebon. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

Minarti IB, Sri Mulyani ES, Dyah RI. Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education.

Setiyo A. 2010. Pengembangan Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) Berpendekatan SETS pada Materi Fotosintesis untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Menumbuhkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Hidup. Tesis. Pasca Sarjana Unnes.

Silavaningsih. 2005. Pengaruh model pengembangan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan menerapkan konsep sains untuk memecahkan masalah pencemaran lingkungan. (tersedia: http:/digilib.upi.edu/pasca/ available/etd1223105-135257)

Suherman E, 2008. Kemampuan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Lingkungan pada Sub Konsep Aksi Interaksi. Bandung. Tersedia: http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0429108-141520

Winaryati, Eny. 2009. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berpendekatan SETS terhadap Motivasi, Kreatifitas dan Prestasi Belajar Ilmu Kimia Makanan di D III Gizi. FIKKES. UNIMUS. Tesis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Siti Shofiyah, Dyah Rini Indriyanti, Achmad Binadja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.