Penilaian Afektif Peserta Didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19

Octaviany Widyangsih(1), Ghanis Putra Widhanarto(2), Kustiono Kustiono(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Para guru-guru khususnya guru Sekolah Dasar masih memiliki kendala dalam melaksanakan penilaian (asesmen) ranah afektif/ sikap kepada peserta didiknya selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat cara guru dalam melakukan asesmen/ penilaian sikap kepada peserta didik dan mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran di ranah afektif selama PJJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menyebar angket yang berisi pertanyaan terbuka kepada 31 (tiga puluh satu) responden di sejumlah provinsi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru sudah melakukan berbagai macam teknik pengambilan data akan tetapi masih meragukan hasil penilaian, sehingga ketercapaian tujuan pembelajaran yang diperoleh dirasakan belum akurat meskipun satu kelas mendapatkan rata-rata yang baik. Berbagai macam kendala yang ditemui sudah diberikan solusi termasuk antisipasinya. Banyaknya indikator dalam penilaian afektif membuat guru kesulitan pada praktiknya di kelas. Guru juga mengharapkan adanya evaluasi dari dinas pendidikan serta guru membutuhkan peningkatan skill dalam merancang dan mengembangkan instrumen penilaian sikap untuk menyesuaikan dengan kurikulum darurat yang sedang diberlakukan.

Keywords

pembelajaran jarak jauh, penilaian afektif, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Cahyono, Mulayana, D., Sukarliana, L., & Normansyah, A. D. (2020). Penilaian Pembelajaran PPKn dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab pada Peserta Didik di Masa Pandemi. In Edupreneurship (pp. 147–157).

Gurajala, S. (2021). Maximizing the utility of online assessment tools in the pandemic era- A narrative review. Journal of Education Technology in Health Sciences, 7(3), 80–85. https://doi.org/10.18231/j.jeths.2020.020

Haryadi, D., & Mahmudah, F. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Covid-19. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 94–110. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.595

Jundi, M., & Dalle, M. (2020). Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab Berdasarkan KMA 183 Tahun 2019. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 206–224. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/187

John Creswell. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khan, Z. H., & Abid, M. I. (2021). Distance learning in engineering education: Challenges and opportunities during COVID-19 pandemic crisis in Pakistan. International Journal of Electrical Engineering Education, 1–20. https://doi.org/10.1177/0020720920988493

Kristiani, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(2), 163–175. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/33352

Muzadi, A. H., & Widodo, W. (2021). Analisis Pelaksanaan Assessment Pembelajaran IPA di SMPN 01 Gresik selama Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 213–219.

Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825

Nuryanti, A., Prasetyowati, I., Zakki, A. M., Satiti, E. M., Risnanti, F., Lestatri, E. W., & Hafida, S. H. N. (2021). Adaptasi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Sebagai Bentuk Upaya Mitigasi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 60–65.

Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91–100. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3456

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 194–199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122

Supriatna, U. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah. Ta’Limuna, 10(01), 42–54. Retrieved from https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/594/352

Sutiyah. (2020). Pelaksanaan Guru Fiqih dalam Penilaian Ranah Afektif pada Peserta Didik Kelas VIII A di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Wahidah, R. (2020). Penilaian sikap tanggung pada pembelajaran bahasa arab DARING via WhatsApp di Madrasah Tsanawiyah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, 506–519.

Widyaningsih, O. (2020). Penerapan Pembelajaran Online (Dalam Jaringan) di Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Octaviany Widyangsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.