Persepsi Pengguna Layanan Ruang Baca Virtual (RBV) pada Website Universtas Terbuka Menggunakan Webqual 4.0

Aulia Nurdiansyah(1), Septian Dwi Cahyo(2), Santi Dewiki(3), Herwati Dwi Utami(4),


(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(3) Universitas Terbuka
(4) Universitas Terbuka

Abstract

Kualitas website (WebQual) merupakan barometer yang digunakan untuk mengukur kualitas perguruan tinggi. Website universitas perlu mendapat perilaku khusus demi menjaga konsistensi kualitasnya, karena masih banyak website-website universitas yang hanya memberikan interaksi satu arah, tanpa memperdulikan kebutuhan dari para mahasiswannya. Namun tidak sedikit universitas yang telah memberikan layanan pada website mereka dengan optimal, seshingga Universitas Terbuka sebagai universitas jarak jauh yang menggunakan media website harus dapat menjaga kualitas website untuk menjaga kepuasan dari mahasiswa. Untuk mengetahui sejauh mana layanan website dapat diterima oleh para mahasiswa, maka diperlukan suatu penelitian yang mengukur kualitas layanan website yang sudah ada saat ini dari kacamata atau persepsi mahasiswa. Kerangka yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah WebQual 4.0 yang merupakan perkembangan dari ServQual (Service Quality) yang biasanya digunakan untuk mengukur kualitas layanan. Dalam hal ini peneliti menggambil sampel website https://www.pustaka.ut.ac.id/ yang merupakan website tentang Ruang Baca Virtual (RBV). Penelitian tahun pertama ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas website Universitas Terbuka tentang fasilitas layanan Ruang Baca Virtual. Untuk mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitain kuantitatif untuk mengetahui persepsi mahasiswa sebagai pengguna website Universitas Terbuka yang memiliki fasilitas layanan Ruang Baca Virtual (RBV) menggunakan WebQual 4.0 dengan analisis regresi linier sederhana. Pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana yang mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap layanan RBV di website Universitas Terbuka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat satu variabel yaitu Usability Quality yang berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengguna dan 2 variabel yaitu Information Quality dan Service Interaction Quality yang berpengaruh positif, (2) Uji Hipotesis P-Value (0,015) T-Statistik (2,438) diterima dan Variabel Information Quality Berpengaruh Positif terhadap User Satisfaction (3) Uji Hipotesis P-Value (0.000) T-Statistik (12.502) diterima dan Variabel Service Information Quality Berpengaruh Positif terhadap User Satisfaction (4) Perlu adanya pengembangan terhadap tampilan Website RBV UT karena melihat dilihat dari nilai pengaruh Usability Quality terhadap kepuasan pengguna.

Keywords

WebQual 4.0, Kualitas website, Kepuasa Mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Barnes, S.J., & Vidgen, R.T., 2002. An Integrative Approach to Assessmenet of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), pp 114-127

Barnes, S.J., & Vidgen, R.T., 2003. Measuring website quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange, Industrial Management & Data System, 103 (5), pp 297-309

Barnes, S.J., & Vidgen, R.T., 2005. Data triangulation in action: using comment analysis to refine web quality maetrics, proceeding of the 13th European Conference on Information Systems (ECIS 2005), pp 24

Budiman, R, Suroso, A.I & Hermadi, I., 2019. Website quality analysis of balai besar pascapanen bogor using 2QCV3Q Model. Jurnal ManagementTeori dan Terapan.12(1). pp 30-41

Carlsson, T. & Kabir, M.H., 2010. Service Quality: Expectations, perceptions and satisfaction about service quality at destination gotland – A case study, Thesis Vibsy, Sweden, Gotland University

Dewi P., Budi P., & Sumiyana. 2013. Kajian Kepuasan Pelanggan Website Universitas Airlangga. Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Universitas Gadjah Mada.

Fatmala, W.S, Suprapto, Rachmadi, A. 2018. Analisis kualitas layanan website e-commerce berrybenka terhadap kepuasan pengunjung menggunakan metode webqual 4.0 dan importance perfomance analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(1) pp 2018

Hasan, L. 2014, Evaluating the usability of educational website based on students preferences of design characteristics, International Arab Journal Of E-Technology, 3(3). Pp 179-193

Khawaja, K.F. & Bokhari, R.H., 2010. Exploring thefactors associated with quality of website. Global Journal of Coumpter Science and Tecchnology. 10(14), pp 37-45

Pullinger, D., and A. Bailin. 2010. Reporting on progress: Central government websites 2009/10. Central Office of Information, London.

Sastika, Widya. 2016., Analisis pengaruh kualitas website (WebQual 4.0) terhadap keputusan pembelian pada website e-commerce traveloka. Seminar Nasional Teknolog Informasi dan Komunikasi 2016. Pp 649-657

Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta : Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Aulia Nurdiansyah, Septian Dwi Cahyo, Santi Dewiki, Herwati Dwi Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.