Penggunaan LMS (Learning Management System) Berbasis Moodle Ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

Syifa Fauziyah(1), Madyo Ekosusilo(2), Hamda Kharisma Putra(3),


(1) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(2) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(3) Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi: (1) Penggunaan LMS berbasis Moodle ditinjau dari minat belajar mahasiswa dimasa pandemi COVID-19. (2) Penggunaan LMS berbasis Moodle ditinjau dari pengaruh internal minat belajar mahasiswa dimasa pandemi COVID-19. (3) Penggunaan LMS berbasis Moodle ditinjau dari pengaruh eksternal minat belajar mahasiswa dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Semester I, III, V, VII Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan angket modifikasi skala likert. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Mahasiswa yang memiliki minat belajar saat menggunakan LMS berbasis Moodle dimasa pandemi COVID-19 dengan kriteria tinggi (20,69%), sedang (58,62%), dan rendah (20,69%). (2) Pengaruh Internal minat belajar saat menggunakan LMS berbasis Moodle dimasa pandemi COVID-19 dengan kriteria sedang; Kesadaran Diri (62,07%), Rasa Ingin Tahu (62,07%), Kecakapan Sosial (75,86%), Tidak Putus Asa (72,41%), dan Pengaruh Fisiologis (58,62%). (3) Pengaruh Ekternal minat belajar saat menggunakan LMS berbasis Moodle dimasa pandemi COVID-19 dengan kriteria; Pengaruh Sosial (68,97%), dan Pengaruh Non-Sosial (44,83%).

Keywords

Kata Kunci: LMS, Moodle, Minat Belajar, Pengaruh Internal, Pengaruh Eksternal

Full Text:

PDF

References

Endang, S. A., & Resminingsih. (2010). Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling. Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid I. Jakarta : PT Grasindo.

Fitria, Maharani. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dan Kecakapan Sosial Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran berbasis Masalah Di SDN 060843 Medan. Jurnal Tematik 8(3): 254-263.

Fitriani, Yuni. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemic Covid-19. Journal of Information System, Informatic and Computing 4(2): 1-8.

Julianto, Bagus dkk. (2016). Keefektifan Self-Awareness Training untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Peserta Didik. CONSILIUM : Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling UNS, 4(1):7-12.

Mahnegar, F. (2012). “Learning Management System. International Journal of Business and Social Science”, Vol.3, No.21 (2012).

Natasia, C & Puspitasari, D. (2020). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran UNNES 8(1): 169-179.

Jaqueline.(2019).Apa itu LMS (Learning Management System).http://www.monsoonacademy.com/article/151454/Apa-itu-LMS-(Learning-Management-System).html. Diakses tanggal 2 Desember 2021.

Kemenkes.(2020). “Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi COVID-19.” https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html. Diakses tanggal 2 Desember 2021.

Komariyah, S., Afi fah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).

Olivia, F. (2007). Membantu Anak punya Ingatan Super. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Raharja, Setya, Lantip Diat Prasojo, dan Ariyawan Agung Nugroho. (2011). “Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System dengan Pengembangan Software Moodle di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Pendidikan. Vol.41, No.1 (2011).

Rizal, S & Walidain, B (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Syamsul Rizal & Birrul Walidain Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 19(2): 178-192.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara nomor 645/A/B.1/Univet.Btr/XI/2021 tentang kewajiban menggunakan SPADA dalam proses pembelajaran dosen di lingkungan Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar Cetakan II. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Syifa Fauziyah, Madyo Ekosusilo, Hamda Kharisma Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.