Desain Pedoman Praktikum Berbasis Experiental Learning Menggunakan Multimedia Digital di Era Kampus Merdeka
(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(3) Universitas Padjadjaran
(4) Universitas Padjadjaran
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anoegrajekti, N. (2019). Dinamika Literasi Budaya pada Era Disrupsi. In Seminar Nasional Literasi (Vol. 4, No. 1).
Arliman, L. (2020). Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Revolusi 4.0. Ensiklopedia Sosial Review, 2(3), 333-339.
Asyafiq, S. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 29–37.
Budimansyah, D dan Suryadi, K. (2010). PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Erfiana, N. A. N. E., & Ariyanto, A. (2020). Restrukturisasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Langkah Menghadapi Era Disrupsi. Al-Asasiyya: Journal of Basic Education, 5(1), 79-95.
Febriansyah, F. I. (2017). Ideology of Pancasila as Legal Ideas (Rechtsidee) for Indonesia Nation. International Conference on Islamic Education (ICIE), 1(1).
Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23-25.
Fukyama, F. (2000). The Great Disruption: Human Nature and Reconstitution of Social Order. Profile Books.
Ikhtiarti, E., Adha, M. M., & Yanzi, H. (2019). Membangun Generasi Muda Smart and Good Citizenship Melalui Pembelajaran Ppkn Menghadapi Tantangan Revolusi Industri.
Indriyani, D. (2020, September). Citizenship Education: Modal di Era Disrupsi. In Seminar Nasional Kewarganegaraan (Vol. 2, pp. 43-46).
Hartini, S., Siregar, M., & Arifi, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Al-Asasiyya: Journal of Basic Education, 4(1), 14–29.
Hapsari, D. (2019). Tantangan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era Disrupsi. Pustakaloka, 11(1), 151–160.
Kasali, R. (2017). Disruption. Gramedia Pustaka Utama.
Malatuny, Y. G., Labobar, J., & Labobar, B. (2020). Literasi Media: Preferensi Warga Negara Muda di Era Disrupsi. Journal of Moral and Civic Education, 4(1), 42-51.
Mu’ammar, M. A. (2019). Literasi di Era Disrupsi.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Setiawan, D. (2019). Rekonseptualisasi Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia,†1, 15–24.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1.
Taspcott, Don (2008). GrownUp Digital: How the Net Generationis Changing Your World. McGraw-Hill.
Viska. (2020, Agustus). Kominfo Mencatat Sebanyak 1.028 Hoaks Tersebar Terkait Covid-19. Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. [Diakses 25 Maret 2021]. Tersedia: https://kominfo.go.id/content/detail/28536/kominfo-mencatat-sebanyak-1028-hoaks-tersebar-terkait-covid-19/0/sorotan_media.
Yuliani, Ayu. (2017, Desember). Ada 800.000 Situs Penyebar Hoaks di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. [Diakses 25 Maret 2021]. Tersedia: https://kominfo.go.id/content/detail/12008/%20ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media.
Winarno. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ridho Harta, Bambang Agus Diana, Elisa Susanti, Sawitri Budi Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.