Motor Penggerak Merdeka Belajar Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)
(1) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
(2) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrami, P. C., Bernard, R. M., Bures, E. M., Borokhovski, E., & Tamim, R. M. (2011). Interaction in dis- tance education and online learning: using evi- dence and theory to improve practice. Journal of Computing in Higher Education, 23(2–3), 82–103. https://doi.org/10.1007/s12528- 011-9043-x
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Hiryanto, H. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65-71.
Imrotin, I., & Sari, I. N. (2022). Kesiapan Guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam Menghadapi Program Merdeka Belajar. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 9-19.
KEBUDAYAAN, M., & Indonesia, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Khomariyah, KN, & Afia, UN (2020). Digitalisasi Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Dampak Era Keberlimpahan. ISoLEC Proceedings, 4(1), 72-76.
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di tengah wabah Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54.
Sari, I. N. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Jaringan (daring) di Masa Pandemi Covid19. In Belajar dari Covid-19 : Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99.Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi
Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1-18.
Sutikno, M. S. (2007). Peran guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10.
Wagner, C. S., Wagner, C. S., & Graber. (2018). Collaborative Era in Science. London: Palgrave Macmillan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Widi Lesmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.