Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Power Tungkai Pemain Persatuan Bulutangkis Baleraya Balekambang Tahun 2022

Yusuf Dany Al Fajar(1), Suratman Suratman(2), Moh Nasution(3), Moch Senoadji Karjadi(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kemampuan fisik dalam bulutangkis didominasi oleh otot kaki yang dapat dilatih kekuatannya, khususnya power tungkai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh latihan plyometric terhadap peningkatan power tungkai. Penelitian ini merupakan quasi-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Penelitian ini melibatkan atlet bulutangkis PB Baleraya Kabupaten Wonosobo sejumlah 6 pemain dengan usia maksimal 15 tahun yang diambil dengan teknik total sampling. Penelitian dilakukan selama 16 kali pertemuan dari tanggal 13 Juli 2022 sampai dengan 31 Juli 2022. Metode Plyometric yang digunakan adalah tumpuan satu kaki. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t test untuk mengetahui perbedaan tinggi lompatan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pelatihan plyometric terhadap power tungkai, yang dilihat pada nilai signifikansi uji paired sampel t tes sebesar 0,021 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah pelatihan pada rata – rata tinggi lompatan, yaitu 46,17 cm dan 52,83 cm. Selain itu diperoleh nilai korelasi 88,1%, yang menunjukkan hubungan kuat dan positif . Penelitian ini menjadi bukti bahwa plyometric dapat menjadi alternatif latihan untuk meningkatkan performa atlet bulutangkis.

Keywords

Bulutangkis, Plyometric, power tungkai, performa

Full Text:

PDF

References

Albertus Fenanlampir, & Muhammad Farud. (2015). Tes dan Pengukuran dalah Olahraga. CV ANDI OFFSET.

Durahim, D., & Sarman, A. (2021). Efek Latihan Pliometrik Terhadap Perubahan Tinggi Lompatan Pemain Bola Voli. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 16(1), 37-42.

Fernanda, A. M. D., Yunus, M., & Saichudin, S. (2018). Pengaruh latihan plyometric standing jump terhadap tinggi loncatan pemain bolavoli putra UABV Universitas Negeri Malang. Jurnal Sport Science, 8(1), 7-17.

Hanafi, M., & Prastyana, B. R. (2020). Metodologi Kepelatihan Olahraga Tahapan & Penyusunan Program Latihan. Jakad Media Publishing.

Kurniawan, K., & Ramadan, G. (2016). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Hasil Smash Pada Ekstrakurikuler Bolavoli. JUARA: Jurnal Olahraga, 1(2), 110-120.

Mawarti, H. (2021). Pengantar Riset Keperawatan (1 ed.). Yayasan Kita Menulis.

Paturohman, I. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani 2017 (1 ed., Vol. 1). UPI Sumedang Press.

Sulistyo, Y. W. (2016). Pengaruh Latihan Plyometric Front Cone Hops Dan Plyometric Lateral Cone Hops Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Dan Kelincahan. Bravo's Jurnal, 4(3), 142-155.

Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). Pengaruh metode latihan plyometric terhadap kemampuan jumping smash bola voli siswa ekstrakurikuler SMPN 1 bermani ilir Kabupaten Kepahiang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 64-67.

Wea, Y. M., & Samri, F. (2022). Pengaruh Latihan Plyometric Depth Jump Terhadap Kemampuan Melakukan Jumping Smash Dalam Permainan Bulutangkis. JURNAL PENJAKORA, 9(1).

Wiguna, I. B. (2021). Teori dan Aplikasi Latihan Kondisi Fisik-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Yani, A., Subekti, R. G., & Suryadi, S. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric (Shooting) Terhadap Hasil Tinggi Loncatan Dalam Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(1), 83-92.

Yuliawan, D. (2017). Bulutangkis Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Yuliyanto, R. (2020). Pengaruh Metode Latihan Playometric Standing Jump Terhadap Kemapuan Jumping Smash Dalam Permainan Bulutangkis Pada Siswa Extrakulikuler Smk Muhammadiyah 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Spirit, 20(2), 88-98.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Yusuf Dany Al Fajar, Suratman Suratman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.