Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang

Sri Yuliastuti(1), Isa Ansori(2), Moh. Fathurrahman(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data yang utama dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi saat pelaksanaan P5 tema Kewirausahaan dan melakukan pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Guru Kelas IV, dan beberapa siswa Kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES dilaksanakan dengan baik dan memperoleh antusias yang tinggi dari siswa. Pelaksanaan P5 mampu meningkatkan jiwa wirausaha dan kerjasama antar siswa. Namun, pelaksanaan P5 perlu ditingkatkan terkait waktu pelaksanaannya agar lebih lama sehingga siswa bisa merasakan kegiatan berwirausaha lebih bermakna.

Keywords

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References

Amran, Muhammad, Sudarto, Abd. Hafid. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/Tema IPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19” 406 – 417.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.

Dewi Rahmadayanti dan Agung Hartoyo. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6 (4) : 7174-7187

Fikri, Muhamad Agung Ali. 2022. Evaluasi Pelaksanaan Program Kewirausahaan di Sekolah Insan Al Madani Bogor. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial, dan Agama 8 (1) : 233 – 240

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Khulafa, Faris Nur, Fahry Zatul Umami, Ratna Hapsari Putri. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa 146-153

Kurniawaty, Imas, Aiman Faiz, dan Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (4) : 5170-5175

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022) Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran

Saragih, Rintan. (2017). A Membangun Usaha Kreatif, Inovatif, dan bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan 3 (2) : 26-34

Saraswati, Diah Ayu. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA N 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferesiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA 12 (2)

Suarta, Gede. (2017). Konsep evaluasi Perencanaan dan Terapannya pada Program Penyuluhan. Bali : Universitas Udayana

Sumarsih, Ineu dkk. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Guruminda 244 Kota Bandung. Jurnal Basicedu 6 (5) : 8248 – 8258

Wahyuni, Widiya Retno. (2022). Perencanaan Penerapan Modul Kegiatan P5 (Kewirausahaan) pada fase B di SDN Bandanrejo 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3 : 1626-1634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Sri Yuliastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.