PELATIHAN KETRAMPILAN BERKARYA SENI KOLASE, MOZAIK, DAN MONTASE PADA GURU-GURU SD KECAMATAN KARANGAWEN DEMAK

Kamsidjo Budi Utomo(1), Mujiono Mujiono(2),


(1) Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasan dan Sastra, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasan dan Sastra, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kolase, mozaik, dan montase. Lokasi pelaksanaan di TK Pembina Kota Semarang. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru Gugus PAUD  Srikandi 03 Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Metode kegiatan ini dilakukan secara ceramah, tanya jawab, diskusi, dan workshop. Tim pelaksana adalah dua dosen seni rupa Unnes dengan dibantu oleh seorang mahasiswa. Kegiatan ini dapat terlaksana karena dukungan dari kepala sekolah TK Pembina, Dinas Pendidikan Kota Semarang, dan LP2M, serta Fakultas Bahasa dan Seni Unnes.Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini adalah para peserta yang berjumlah 30 orang guru telah meningkat pemahaman, pengetahuan, dan wawasannya  terhadap kolase, mozaik, dan montase.  Para peserta juga  telah meningkat ketrampilannya  dalam berkarya kolase, mozaik, dan montase.  Secara keseluruhan kualitas estetik karya yang telah dihasilkan sudah memenuhi standar estetika yang baik namun belum begitu optimal. Hal ini bisa terjadi karena dalam pelatihan guru-guru  banyak yang kehabisan waktu untuk menyelesaikan di tempat pelatihan sehingga saat dikerjakan di rumah guru-guru berpraktik kolase, mozaik, dan montase kurang adanya pendampingan dari pelaksana. Ketika diadakan evaluasi karya, para peserta akhirnya memahami letak kurang estetikanya karya yang telah dihasilkan. Namun demikian, secara keseluruhan mereka sangat antusias dan senang dengan diadakannya kegiatan pelatihan seperti ini. Bahkan mereka  meminta agar kegiatan semacam ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

The purpose of this activity is to increase the knowledge and skills collages, mosaics, and montage. Locations implementation in kindergarten Trustees Semarang. The targets of this activity is the cluster PAUD teachers Srikandi 03 Mungkur Gajah District of Semarang. The method of this activity conducted lectures, discussion, discussions, and workshops. The design team is two lecturers art Unnes assisted by a student. This activity is made possible by the support of the kindergarten principal Trustees, Semarang City Department of Education, and LP2M, as well as the Faculty of Language and Art Unnes. The results obtained in these activities is the participants who were 30 teachers has increased understanding, knowledge, and insights on the collage, mosaic, and montage. The participants also have improved their skills in creating collages, mosaics, and montage. The overall aesthetic quality of the works that have been produced already meet the aesthetic standards are good but not so optimal. This can happen because in the training of teachers much run out of time to complete the training in place so that when done at home practicing teachers collages, mosaics, and a montage of lack of assistance from the implementers. When an evaluation work, the participants finally understand the layout less aesthetic works that have been produced. However, overall they are very excited and pleased with the holding of such training activities. In fact, they requested that this kind of activity carried out in a sustainable manner.

Keywords

Collage, Mosaic, montages, PAUD teachers, and Semarang.

Full Text:

PDF

References

Affandi & Dewobroto. 2004. Mengenal Seni Rupa Anak .Yogyakarta: Gama Media

De Bono, Edward. 1995. Serious Creativity: Using the Power of Lateral Thinking to Create New Ideas. London: Harpers Collins Publisher.

Kamaril, Cut. dkk. 2007. Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan .Jakarta: Universitas Terbuka.

Munandar, S.C. Utami. 1987.Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Gramedia: Jakarta.

Pamadhi, H. dan Sukardi S, E. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rohidi, T.R. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung : STISI.

Pendidikan Nasional .

Sahman, H. 1993. Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press

Salam, S. 2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Soedarso, Sp, 2006. Trilogi Seni: Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni, Yogyakarta: Badan Penerbit ISI

Tabrani, P. 2000. Proses Kreasi, Apresiasi, Belajar. Bandung: Penerbit ITB

Tocharman, M. dkk. 2006. Pendidikan Seni Rupa. Bandung: UPI Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Kamsidjo Budi Utomo, Mujiono Mujiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.