UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI GURU KELAS III MELALUI KEGIATAN PELATIHAN STUDI KASUS
(1) TK/SD Gugus Ahmad Yani UPT Pendidikan Kec.Jekulo Kab.Kudus, Indonesia
Abstract
Perencanaan merupakan tugas penting dari suatu organisasi. Perencanaan menjadi hal yang sangat penting karena pada kenyataannya manusia dapat mengubah masa depan apabila segala sesuatunya direncanakan dengan baik dan secara matang, demikian juga yang terjadi dalam konteks pembelajaran, perencanaan pembelajaran harus berorientasi pada pencapaian tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini adalah meningkatkan kompetensi profesional dan perencanaan pembelajaran tematik dalam menyusun RPP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah dengan 2 kali siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan dengan metode studi kasus dalam kelompok besar dan kelompok kecil dapat meningkatkan kompetensi profesional dari kondisi awal tarap serap (53,89%) ke siklus II tarap serapnya (83,89%) meningkat (30%). Pelatihan dengan metode studi kasus dalam kelompok besar dan kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPP Tematik dari kondisi awal tarap serap (46,11%) ke siklus II tarap serapnya (86,11%) meningkat (40%). pelatihan dengan metode studi kasus dalam kelompok besar dan kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran Peer Teaching dari kondisi awal tarap serap (42,22%) ke siklus II tarap serapnya (83,89%) meningkat (41,67%).
Planning is an important task of an organization. Planning is very important because in fact humans can change the future when everything was well planned and matured, so too are happening in the context of learning, planning of learning should be oriented to the achievement of the goals to be achieved. The goal of this school action research is to increase the professional competence and planning of thematic study in drawing up the RPP. The research method used is action research school with 2 time cycle. Data collection techniques used is the test. Data analysis techniques used are descriptive percentage. Research results show that training in methods of case studies in large groups and small groups can enhance the professional competence of the initial conditions tarap absorbency (53,89%) to the cycle II tarap serapnya (83,89%) increase (30%). training in methods of case studies in large groups and small groups can enhance the capability of putting together the initial conditions of the Thematic RPP tarap absorbency (46,11%) to the cycle II serapnya tarap (86,11%) increase (40%). training in methods of case studies in large groups and small groups can enhance the ability of carry out learning Peer Teaching of initial conditions tarap absorbency (42,22%) to the cycle II tarap serapnya (83,89%) increased (41,67%)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
_________. 2010. Penelitian Tindakan Untuk Kepala Sekolah dan Pengawas.Yogyakarta: Aditya Media.
Darmajanti, Linda. 2013. Diskusi Kelompok Terarah. Jakarta: Universitas Indonesia.
Depdiknas. 2005. Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kemendiknas
_________. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang
_________. 2006. Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Jakarta: Kemendiknas
Djamarah, Saiful Bakri. 1997. Prestasi belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Gultom, Syawal, dkk. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kemendikbud.
Hasan, Said Hamid. 1998. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Ditjen Dikti, Depdikbud.
Karmani, Ouys. 2006. Materi Kuliah Psikologi Konseling: Bimbingan dan Konseling Kelompok (FGD). Semarang: Fakultas Ushuluddin, IAIN Walisongo Semarang.
Kurniadi, Rizki. 2012. Melakukan Diskusi Kelompok Terfokus dalam penelitian kualitatif. (Online) Tersedia dalam Asuhan Keperawatan Aplikasi NANDA Melakukan Diskusi Kelompok Terfokus dalam penelitian kualitatif.htm. Diunduh Tanggal 17 Januari 2014.
Latifah, Nur. 2008. Diskusi Kelompok Terarah (DKT) Dalam Penanganan Juvenile Delinquency. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: IAIN Walisongo Semarang.
Latipun. 2005. Psikologi Konseling. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM Press)
Market Trend Asia. 2012. Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah). (Online) Tersedia dalam Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah) Marketrends Asia Riset Pasar Bisnis Marketing Manajemen.htm. Diunduh Tanggal 30 Desember 2013.
Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudibyo, Bambang. 2007. Peraturan Pendidikan Nasional No. 16. Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.
_________. 2007. Permendiknas No. 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kemendiknas.
_________. 2007. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar ProsesUntuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendiknas
Sudrajat, Ahmad. 2008. Pembelajaran Tematik. Tersedia dalam Pembelajaran Tematik tentang Pendidikan.htm. (Online). Diunduh 16 Januari 2014.
Sukayati. 2011. Suplemen Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendiknas.
Supriadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Surya dkk. 2000. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta: Adi Cita.
Tim. 2006. Pembelajaran Tematik, Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional
Widodo, Haris Budi. 2013. Diskusi Kelompok Terarah(Focus Group Discussion). (Online) Tersedia Dalam Diskusi Terarah PPT. Diunduh 17 Januari 2014.
Widoyoko, Eko Putro. 2005. Kompetensi Mengajar Guru IPS SMA Kabupaten Purworejo. Jakarta: Ditjen Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Rr. Melinda Arryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.