PELATIHAN ENGLISH TEACHING INSTRUCTION E-SPORTS-C DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Lulu April Farida(1), Mugiyo Hartono(2), Andry Akhiruyanto(3), Fatona Suraya(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) 
(4) 

Abstract

UNNES dalam upayanya untuk menjadi world-class university terus meningkatkan kualitasnya untuk dapat lebih bersaing dengan universitas yang lain yang diwujudkan dengan adanya kebijakan akselerasi internasionalisasi. Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah peningkatan sumber daya manusia civitas akademika UNNES. Sejalan dengan usaha tersebut Fakultas Ilmu Keolahragaan sebagai bagian dari UNNES berupaya mendukung program tersebut dengan mengadakan pelatihan bahasa Inggris untuk dosen program studi PJKR. Pelatihan ini mencakup pelatihan percakapan, presentasi, teaching instruction, dan menulis email dalam bahasa Inggris. Program ini secara keseluruhan menitikberatkan pada program teaching instruction. Sebanyak 15 dosen dari program studi PJKR terlibat dalam pelatihan ini. Kegiatan E-Sports-C ini sangat memberikan konstribusi yang positif bagi beberapa unsur terkait, yakni dosen PJKR serta bagi lembaga FIK Unnes. Sehingga Dosen FIK Unnes akan dapat mengembalikan semangat FIK sebagai Hub of Sports and Health Center yang diakui oleh akademisi intenasional.

Keywords

English teaching instruction, English community, E-Sports-C

Full Text:

PDF

References

Diem, C. D., Ihsan, D., & Indrawati, S. 2003. Pengembangan model program membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca dan keterampilan belajar. Linguistik Indonesia: Jurnal Ilmiah, 21(2). 203-227.

Huegli, V.A. 2008. Strategies for Writing. Diunduh dari http://www.myerc.ca/Images/Literacy/Writing/Strategies%20for%20Writing.pdf (diakses tanggal13 Desember 2018)

TOEFL iBT. 2013. Guide for teachers Introducing TOEFL iBT, from test format and scoring through to preparing students for the test. http://www.ets.org. (diakses tanggal13 Desember 2018)

Richards, J. C. 2008. Teaching Listening and Speaking: from Theory to Practice. USA: Cambridge University Press.

Tarigan, H.G. 1994. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License