UPAYA PENINGKATAN WIRAUSAHA BARU DI KAWASAN KEJAWAN GEBANG SUARABAYA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ES KRIM UBI UNGU

Agus Wahyudi(1), Wahyu Prasetyo Utomo(2), Wulan Aulia(3), R.Y. Perry Burhan(4), M. Rachimoellah(5), Fahimah Martak(6), Endah Mutiara Marhaeni Putri(7), Yulfi Zetra(8), Muhammad Nadjib Mujahid(9), Zjahra Vianita Nugraheni(10),


(1) Institut Teknologi Sepuluh Nopember
(2) Institut Teknologi Sepuluh Nopember
(3) ITS
(4) ITS
(5) 
(6) ITS
(7) ITS
(8) ITS
(9) ITS
(10) ITS

Abstract

Kawasan Kejawan Gebang adalah kawasan yang berada di area kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Hang Tuah. Kejawan Gebang terkenal sebagai kawasan pedagang kaki lima dan rumah makan yang menjajakan pilihan kuliner bagi mahasiswa sekitarnya. Hal tersebut membuka peluang usaha bagi ibu-ibu yang mayoritas hanya berprofesi sebagai ibu rumah yang hanya mengurusi pekerjaan rumah sehari-hari. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu peluang wirausaha melalui pelatihan dan pendampingan kepada ibu rumah tangga untuk berwirausaha memproduksi es krim ubi ungu.  Dalam pelatihan ini, ibu rumah tangga dijelaskan tentang proses produksi es krim ubi ungu dengan menggunakan resep yang sederhana, pengemasan produk yang menarik dan unik serta pemasaran produk ke sekitar kawasan tersebut. Dampak dari kegiatan ini secara khusus dapat memberikan wawasan dan lapangan pekerjaan bagi ibu rumah tangga di kawasan Kejawan Gebang dan meningkatkan pendapatan sehari hari keluarga di kawasan Kejawan Gebang. Dari hasil kegiatan tersebut didapatkan bahwa ibu rumah tangga kawasan Kejawan Gebang mampu membuat es krim ubi ungu secara mandiri. Namun demikian, masih diperlukan pengembangan strategi pemasaran dari es krim yang diproduksi tersebut

Keywords

wirausaha; pelatihan; es krim; ubi ungu

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistika Jawa Timur. 2010. â€Jawa Timur dalam Angkaâ€.

Cahyadi, W. 2006. Bahan Tambahan Makanan dan Aspek Kesehatan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Fellows, P. 1998. Food Processing Technology – Principles and Practice. Weinheim; Basel; Cambridge; New York: VCH Verlagsgesellschaft mbH.

Fandy Tjiptono, 2008. “Strategi Pemasaranâ€. Andi Publisher.

Gitosaputro, S., 2006. “Implementasi Participatory Rural Appraisal (Pra) dalam Pemberdayaan Masyarakatâ€.

Hartatie, E.S. 2011. Kajian Formulasi (Bahan Baku, Bahan Pemantap) dan Metode Pembuatan Terhadap Kualitas Es Krim. GAMMA. Vol. 7 (1): 20-26

Marianne Rosner Klimchuk dan Sandra Krasove, 2008. â€Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk Yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualanâ€, Erlangga.

Yoshimoto, M. 2001. “Antimutagenicity of Deacylated Anthocyanins in Purple-fleshed Sweetpotato.Biosci.Bioetechnol.Biochemâ€., 65 (7), 1652-1655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License