PKM KELOMPOK GURU BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMK MUHAMMADIYAH 9 WAGIR: PEMBELAJARAN PENULISAN PUISI DENGAN PENDEKATAN KAJIAN BUDAYA

EKARINI SARASWATI(1),


(1) Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Abstrak

Malang merupakan kota yang memiliki banyak pesona, dari udaranya yang sejuk hingga beragam destinasi wisata yang indah. Dengan banyak berdirinya universitas mempengaruhi gaya hidup masyarakat sekitarnya untuk menyediakan berbagai fasilitas mulai tempat kontrak kamar hingga tempat kuliner yang menyenangkan. Perkembangan kota Malang tak dapat dipungkiri menjadi inspirasi bagi orang-orang yang bergelut di dunia seni maupun sastra. Malang menjadi inspirasi terbentuknya sebuah lukisan atau puisi. Beberapa puisi lahir karena kecintaannya pada negara, banga atau kota kelahiran. Indonesia menjadi inspirasi bagi penyair seperti W.S. Rendra, Emha Ainun Nadjib, Taufiq Ismail, Sapardi Djoko Damo no juga Hamid Jabbar. PPM  Kelompok Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Se Malang Raya: Penulisan Puisi dengan Pendekatan Kajian Budaya Melalui Media Interaktif dapat memberikan masukan.

Adapun luaran dari kegiatan pengabdian ini meliputi beberapa produk pembelajaran sastra 1. Pengusul : a. Buku pedoman pembuatan model pembelajaran sastra dengan pendekatan kajian budaya melalui media interaktif, cara mengembangkan cerita melalui kalimat yang indah, cara membuat mading dan blog, dan cara menyusun rancangan pementasan pembacaan karya sastra. b. Buku kumpulan cerpen guru dan siswa yang mereka buat. 2. Mitra:a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memasukkan pendekatan kajian budaya melalui media interaktif. b. Karya sastra berupa cerpen hasil karangan sendiri guru dan siswa. c. Mading yang dapat digunakan di sekolah masing-masing. d. Blog pribadi yang dapat mengakses informasi kegiatan pembelajaran sastra juga hasil karya yang dibuat. e. Rancangan pementasan pembacaan karya sastra yang inovatif .

 

 

Keywords

Kata kunci: kota Malang, menulis puisi, kajian budaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License