E-BRANDING UNTUK PENGUATAN EKSISTENSI KAMPUNG WAYANG KEPUHSARI MANYARAN

Mulyadi Mulyadi(1),


(1) Universitas Sebelas Maret

Abstract

Kampung Kepuhsari telah dideklarasikan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri sebagai Kampung Wisata Wayang dan menjadi salah satu produk unggulan Wonogiri. Hanya saja, perkembangannya tidak cukup menggembirakan dan justru semakin menurun dilihat dari jumlah pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Sementara itu omset yang dihasilkan juga tidak cukup menjanjikan untuk dijadikan andalan untuk profesi bagi penduduk Kepuhsari. Kegiatan pengabdian ini dirancang untuk memperkuat citra/ merk Kepuhsari sebagai Kampung Wisata Wayang, sehingga menarik generasi Z (silent generation) untuk mengunjungi Kepuhsari.  Upaya E-branding perlu dilakukan mengingat kemajuan teknologi informasi sudah sedemikian pesat. Komentar dan rekomendasi dari pertemanan dalam jaringan (online) telah menjadi lebih kuat daripada promosi konvensional. Aktivitas yang dilakukan adalah dengan menyusun konsep e-marketing, memberikan pelatihan digital marketing, dan perancangan tim promosi on line Kampung Wayang Kepuhsari. Hasil dari kegiatan terungkap bahwa persoalan konsep promosi dan branding Kampung Wayang terletak pada lemahnya dukungan dari pihak-pihak terkait (stakeholder).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License