Upaya Pelatihan Materi dan Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (UKM-Pertanian)
(1) Universitas Pamulang
Abstract
The purpose of community dedication activities conducted by the Faculty of Economics lecturer of Pamulang University is to provide knowledge and understanding related to the marketing of goods/services both online and conventionally (offline) For small and medium enterprises of agriculture (SME-P).The direct benefit of this community service is to add knowledge, skills, and experience to business owners regarding the utilization of activities in marketing to increase sales volume. Derivative benefits are expected, can make the SMES-P to feel better welfare and increase the competitiveness of the business along with increasing aspects of the cognition and skill of the business actors.This community service is implemented in the form of training with material giving and practice of digital marketing utilization as a means of marketing.The training was held for 3 days, the target audience of community service activities is a small and medium enterprises who belong to the SME-agriculture community amounting to 27 -36 people.The methods of activities used in the devotion to the community are methods of lectures, practices, questions and answers and discussions.The analytical technique is done by observing the cognition and skills of the trainees by assessing the results of the pre test and post test of the trainees.Â
Â
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait pemasaran barang/ jasa baik secara online maupun secara konvensional (offline) bagi para pelaku usaha kecil menengah pertanian (UKM-P). Manfaat langsung dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah sebagai tambahan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada pemilik usaha terkait pemanfaatan kegiatan dalam pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan. Manfaat turunan diharapkan, dapat menjadikan para pelaku UKM-P mampu merasakan kesejahteraan lebih baik serta meningkatnya daya saing usaha seiring dengan meningkatnya aspek kognisi dan skill para pelaku usaha. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan pemberian materi dan praktik pemanfaatan digital marketing sebagai sarana pemasaran. Pelatihan diselenggarakan selama 3 hari, Khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaku usaha kecil menengah yang tergabung dalam komunitas UKM-Pertanian berjumlah 27 -36 orang. Metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah, praktik, tanya jawab dan diskusi. Teknik analisis dilakukan dengan observasi aspek kognisi dan keterampilan peserta pelatihan dengan menilai hasil pre test dan post test peserta pelatihan.
Keywords
References
Adrianah(2017) Pengaruh Bauran Pemasaran
Terhadap Volume Penjualan pada PT.
Ardan Masogi TBK di Kota Pare-Pare dalam
Jurnal Ekonomi Volume 5 nomor 1
Ericson Damanik (2013). Pengertian Volume
Penjualan. PT. Indeks Kelompok Gramedia ,
Jakarta (diakses pada 24 Oktober 2019).
Hartono, Hendry dkk(2012). Pengaruh Strategi
Pemasaran Terhadap Peningkatan
Penjualan Pada Perusahaan dengan
Menetapkan Alumni dan Mahasiswa
Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek
Penelilitan. Vol.3, No.2:883-889. Diakses
pada tanggal 24 Oktober 2019.
Kotler,Philip&Armstrong, Gary(2014). Prinsipprinsip Manajemen Pemasaran. Edisi 14,
Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License