Peningkatan Pemahaman Siswa MA Al-Wathoniyyah dengan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Unity dan Vuforia

Basworo Ardi Pramono(1), Susanto Susanto(2), Febrian Wahyu Christanto(3),


(1) Universitas Semarang
(2) Universitas Semarang
(3) Universitas Semarang

Abstract

Perkembangan teknologi informasi disegala bidang pada peralatan berat, otomasi pabrik hingga alat kecil. Dewasa ini hampir semua orang memegang yang namanya smartphone. konsep pengabdian akan membuat aplikasi android dengan teknologi Augmented Reality berbasis Unity dan vuforia, dengan menggunakan Unity 3D yang akan kita laksanakan adalah berbentuk pelatihan membangun aplikasi android. Kegiatan pelatihan ini di laksanakan di kampus universitas semarang dan di tunjang dengan sesi tanya jawab, Modul praktikum juga akan di berikan pada setiap peserta murid. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kreativitas siswa MA Al-Wathoniyyah yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, dunia kerja ataupun berwirausaha. Dari pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan keterampilan dan kreativitas dengan menggunakan software Unity dan Vuforia ,sehingga nantinya ketika mereka terjun ke dalam masyarakat dan memilih jurusan dalam kuliah mereka bisa memiliki pemahaman tentang teknologi android dan Augmented reality .Kegiatan ini diselenggarakan di Lab Komputer Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang dengan metode ceramah dan praktik langsung. Peserta pelatihan ini adalah 22 siswa. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu ) hari dengan  durasi 4 (empat ) jam. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman peserta meningkat terkait penggunaan perangkat lunak unity dan vuforia.

Keywords

augmented reality, unity, vuforia, MA Al-Wathoniyyah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License