Interactive Learning Media Based Augmented Reality Inovasi Pembelajaran Solusi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Yahya Nur Ifriza(1), Budi Prasetiyo(2), Aji Purwinarko(3), Subhan Subhan(4), Devi Ajeng Efrilianda(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Era disrupsi dan revolusi industri 4.0 saat ini, mendorong para ahli untuk merekomendasikan pembelajaran agar disampaikan dengan inovatif dan kreatif memanfaatkan fasilitas yang berbasis Teknologi Informasi secara mandiri maupun kolaboratif. Guru juga dituntut mampu membuat konten bahan ajar yang menarik dan edukatif. Penggunaan media pembelajaran interkatif pada sekolah binaan FMIPA UNNES yaitu SD Qu Hanifah, Semarang masih menemui kendala meliputi kesiapan guru, sarana prasarana, materi dan aplikasi dan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu Tim AR Adoption melakukan AR Adoption masyarakat untuk memberikan Pelatihan Interactive Learning Media based Augmented Reality pada Kelompok Guru SD Qu Hanifah. Program pelatihan telah dilaksanakan secara daring mulai dari persiapan, webinar sosialisasi tentang AR, pembuatan objek 3D, pembuatan dan pedampingan media berbasis AR. Platform yang digunakan adalah Zoom Meeting, Google Classroom, dan WhatsApp Grup. Harapannya Kelompok Guru SD Qu Hanifah, Semarang telah berhasil mengembangkan media pembelajaran berbasis AR secara mandiri sesuai arahan dan pendampingan dari Tim Pengabdi Kegiatan juga sudah dipublikasikan di website resmi Jurusan Ilmu Komputer, Fakalutas FMIPA dan Kompasiana. Tim Pengabdi menghimpun umpan balik dari peserta terkait pelaksanaan pelatihan dan penggunaan media pembelajaran berbasis AR. Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan berlangsung sangat baik dan mampu meningkatkan skill Guru dalam berinovasi membuat media pembelajaran interaktif sebanyak 90% hal ini meningkat signifikan karena sebelum dilaksanakan pelatihan pengetahuan Guru tentant AR baru 50%.

Keywords

interactive, learning, augmented reality, daring, pandemi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License