Penguatan Strategi O2O untuk Start-Up Tenant Inkubator Unit Bisnis LPPM UNNES

Margunani Margunani(1), Anindya Ardiansari(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Implementasi nilai-nilai konservasi yang dianut Universitas Negeri Semarang dilakukan melalui program kewirausahaan yang diwadahi oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) PT Unnes dan Inkubator Unit Bisnis (IUB) LPPM Unnes. Ketiadaan mentor bisnis, pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 memaksa interaksi antara konsumen dengan pelaku dilakukan secara daring dan tidak semua pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mitra dapat beradaptasi dengan pemasaran digital. Tujuan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM mitra dalam pemasaran digital dan akses permodalan guna merespon kondisi pandemi. Menggunakan metode pendekatan Offline to Online (O2O) yang dikemas dalam bentuk Webinar yang diikuti oleh pelaku UMKM mitra IUB dan pelaku UMKM di sekitar kampus Unnes. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian masyarakat adalah kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM mitra, pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi serta pengetahuan bagi pelaku UMKM mitra untuk ‘naik kelas’ dengan memanfaatkan teknologi dalam pemasaran dan akses permodalan. Penggunaan pendekatan O2O dapat meningkatkan kapasitas pelaku UMKM untuk meningkatkan pemasaran produk, baik barang maupun jasa.   

Keywords

UMKM; Pendekatan O2O; Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License