Pembuatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Bahan Alam melalui Pembelajaran Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik

Tri Linggo Wati(1),


(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Peran suatu media pembelajaran dalam proses belajar mengajar diperlukan dalam membantu peserta didik memahami suatu materi. Untuk itu diperlukan suatu strategi penerapan media dalam kegiatan proses belajar mengajar agar pembelajaran menjadi bermakna dan mudah dipahami. Saat ini merupakan periode pasca covid 19 yang telah melanda negeri ini, untuk itu untuk merubah pola belajar individu melalui media digital secara bertahap harus dilakukan strategi yaitu dengan pembelajaran dilakukan secara berkelompok dan dilibatkan dalam pembuatan media yang bisa dimanfaatkan untuk belajar mereka agar lebih bermakna dan mudah memahami materinya, serta meningkatkan keterampilan social pada pesertadidik. Melaui kegiatan yang dilakukan penulis pada pendampingan pembuatan media visual berbasis bahan alam maka didapatkan hasil lima indicator yang ada pada teori icasa (Keterampilan sosial) tampak muncul semuapada tujuh peserta didik yang menjadi pesrta pada kegiatan ini. Hal ini tampak mengalami peningkatan dari sebelum diberikannya pendampingan yaitu rata-rata partisipan muncul indicator keteraampilan sosialnya 3 dari indicator keterampilan social. Dengan pendampingan yang dilakukan penulis maka peserta didik merasakan interaksi dengan temanya Kembali terjalin ditambah pula dengan penerapan media yang mereka hasilkan pada pembelajaran di kelas.

Keywords

media pembelajaran visual, berbasis bahan alam, keterampilan sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License