Peningkatan PKB Bagi Guru SD Gugus Sindoro Kabupaten Blora melalui Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah dengan Penerapan Model Cooperative Integrative Reading and Composition

Panca Dewi Purwati(1), Ngabiyanto Ngabiyanto(2), Siti Maryatul Kiptiyah(3), Rasdi Rasdi(4),


(1) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(4) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bagi guru Gugus Sindoro Kabupaten Blora adalah melakukan pendampingan dan pembimbingan agar peserta  meningkat pengetahuan dan mampu menulis artikel ilmiah. Kemampuan tersebut penting untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) sehingga para guru bekerja secara profesional dan tidak terhambat jenjang kariernya. Target dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru dan Kepasa SD Gugus Sindoro Kabupaten Blora. Peserta umumnya pernah mengikuti pelatihan menulis karya ilmiah sehingga beberapa guru sudah memiliki laporan hasil penelitian. Namun belum pernah mengikuti pelatihan menulis artikel, banyak peserta belum pernah membaca artikel ilmiah, dan belum berpengalaman menulis artikel ilmiah. Secara keseluruhan guru dan kepala SD Gugus Sindoro yang terlibat dalam pelatihan menulis artikel berkepentingan dengan program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Pengalaman menulis artikel ilmiah peserta secara umum masih tergolong rendah sehingga tidak perlu ada pemilahan peserta pelatihan. Jadwal pelatihan direncanakan daring dan luring. Peserta pada prapelatihan sudah menerima bahan literasi berupa buku digital pendamping pelatihan menulis artikel, juga beberapa link jurnal yang dapat diakses oelh peserta secara mandiri. Pelatihan pertama dilakukan secara daring diawali dengan pretes dan pembekalan materi pelatihan tentang teori menulis artikel ilmiah yang dirangkai dengan penugasan menulis artikel berdasarkan hasil penelitian yang telah dimiliki peserta.  Pelatihan luring berupa kegiatan pesertabergantian  mempresentasikan draf artikelnya  dan dirangkai dengan review dari Tim Pengabdi Unnes. Pembimbingan revisi draf artikel ilmiah dan pengarahan cara pengiriman artikel ke jurnal berlangsung secara online. Pelatihan berikutnya adalah penilaian postes, refleksi kegiatan, pengisian angket respons peserta, dan penutupan pelatihan yang seluruhnya dilakukan secara daring. Konten refleksi pelatihan berupa penguatan dari peserta yang telah karyanya terbit di jurnal berskala nasional.  Dampak dari pelatihan tersebut terbentuknya tutor sebaya untuk tahap pelatihan mandiri. Berdasarkan hasil pretes dan postes tentang artikel ilmiah diketahui peserta meningkat pengetahuannya sebesar 4.40. Berdasarkan pengamatan sikap para peserta pelatihan masuk kategori sangat baik (3.54). Respons peserta terhadap pelatihan juga cukup tinggi, yaitu sebesar 3.65. Pelatihan menulis artikel ilmiah memberikan manfaat peningkatan keprofesian guru karena peserta secara mandiri mampu menulis dan mempublikasikan artikel di jurnal.

Keywords

pelatihan menulis, pengabdian masyarakat, artikel ilmiah, CIRC

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License