Strategi Peningkatan Kunjungan Wisatawan dan Promosi Wisata dengan Virtual Tour di Desa Kopeng Kabupaten Semarang
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Kabupaten Semarang merupakan salah satu daerah yang memiliki pendapatan pariwisata tertinggi dibandingkan dengan wilayah kabupaten atau kota di Provinsi Jawa Tengah. Pendapatan dari sektor pariwisata di Kabupaten Semarang mencapai 16 milyar rupiah pada tahun 2020. Selain itu Kabupaten Semarang memiliki desa wisata terbanyak di Provinsi Jawa Tengah. Dari 229 desa wisata yang terdata, Kabupaten Semarang merupakan kabupaten/kota dengan desa wisata terbanyak yaitu 30 desa wisata. Salah satu desa wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Semarang yaitu Desa Wisata Kopeng yang berada di Kecamatan Getasan. Namun kehadiran pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap lesunya geliat pariwisata di Desa Kopeng, kunjungan wisatawan di Desa Wisata Kopeng mengalami penurunan sangat tajam dan mengakibatkan penurunan pendapatan penduduk setempat. Oleh karenanya perlu suatu strategi agar wisata di Desa Kopeng tetap berjalan, meminimalisir dampak penyebaran covid-19 dan tetap dapat menggerakkan roda perekonomian Desa Kopeng. Salah satu strategi agar bertahan di era pandemi dengan tetap mengeksiskan destinasi wisata yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu dengan melakukan e- tourism berbasis virtual tour berbasis virtual reality video 360o. Virtual tour ini sebagai pengganti kunjungan langsung ke obyek wisata. Adanya virtual tour ini berharap sebagai media dan setelah pandemi berakhir wisatawan dapat berkunjung ke desa wisata Kopeng.Tujuan dari pengabdian ini yaitu pelatihan dan pendampingan pembuatan virtual tour berbasis sistem informasi virtual reality video 360o. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan aksi yang terbagi dalam tiga jenis kegiatan yaitu pemberian pelatihan pembuatan virtual reality video 360o, pendampingan dalam membuat virtual tour menggunakan sosial media dan selanjutnya kegiatan supervisi. Secara garis besar pelaksanaan pengabdian ini melalaui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Keywords
Virtual Reality, e-Tourism, Promosi Wisata, Desa Kopeng
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License