PEMANFAATAN SARI WORTEL DAN TEPUNG RUMPUT LAUT SEBAGAI BAHAN ALAMI UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN DAN KEKENYALAN BAKSO SAPI DI KELURAHAN SUKOREJO

Ida Iryani Kristanti(1), Retno Ambarwati(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Pemanfaatan EkstrakWortel dan Tepung Rumput Laut belum banyak digunakan sebagai aditif alami. Masyarakat Kelurahan Sukorejo sudah mengetahui kandungan gizi bakso, namun aditif boraks dan formalin yang sering digunakan sangatlah bahaya. Pembuatan ekstrak wortel untuk meningkatkan daya tahan dan tepung rumput laut untuk mengenyalkan bakso. Metode yang dilakukan dengan sosialisasi, demonstrasi dan praktek langsung. Pembuatannya dengan cara daging sapi cincang, ekstrak wortel dan tepung agar-agar serta bumbu dicampur jadi satu, kemudian dicetak bulat-bulat, dapat ditambahkan isian daun bayam atau tahu. Selanjutnya dicetak bulat-bulat kemudian dimasukkan dalam air yang mendidih sampai bakso mengapung matang. Setelah itu bakso dapat dikonsumsi atau disimpan dalam lemari pendingin. Uji kekenyalan dilakukan dengan organoleptis dan uji ketahanan dengan uji mikrobiologi. Kekenyalan bakso dengan tepung rumput laut lebih terasa lebih jika dibandingkan tanpa tambahan. Ekstrak wortel mampu menurunkan jumlah mikroba dalam bakso. Bakso yang sehat dengan aditif alami menambah pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu di Kelurahan Sukorejo.

Keywords

ekstrak wortel; tepung agar-agar; bakso

Full Text:

PDF

References

Campo, V.L., Kawano,D.F., Silva, J.D.B., Ivone, C.I. 2009 Carrageenans:Biological Properties, Chemical Modifications and Structural Analysis,Carbohydrate Polymers, 77, 167-180.

Hardjito, L. 2006. Chitosan Lebih Awet dan Aman (online), (http://www.mail-archive.com/[email protected]/msg00980 html.Diakses 8 Oktober 2010).

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/07/kandungan-dan-manfaatwortel-untuk.html,diakses 8 Maret 2015.

http://www.carrotmuseum.co.uk/betacarotene, diakses 8 Maret 2015

Siagian, A. 2002.Mikroba Patogen pada Makanan dan Sumber Pencemarannya, USU digital Library :Sumatera Utara.

Sudarwati, 2007, “Pembuatan Bakso Daging Sapi dengan penambahanKitosan” Skripsi, Jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Wardaniati, R.A., dan Setyaningsih, S., 2015. Pembuatan Chitosan Dari Kulit Udang dan Aplikasinya untuk Pengawetan Bakso, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Undip, http://eprints.undip.ac.id/1718/1/makalah_penelitian_fix.pdf,tanggal 8 Maret 2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License