Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi
(1) FMIPA UNNES Gd D6 Lt 1 Jln. Raya Sekaran- Gunungpati- Semarang 50299 Telp./Fax. (024) 8508033
(2) FMIPA UNNES Gd D6 Lt 1 Jln. Raya Sekaran- Gunungpati- Semarang 50299 Telp./Fax. (024) 8508033
Abstract
Abstrak
Pembelajaran melibatkan interaksi dosen, mahasiswa, dan sumber belajar. Interaksi antara ketiganya membutuhkan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan strategi pembelajaran biologi di Jurusan Biologi Unnes yang telah berkomitmen mengaplikasikan kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi dengan ciri pendekatan jelajah alam sekitar (JAS). Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informannya dosen dan mahasiswa yang mengajar dan belajar biologi umum, mikrobiologi, dan taksonomi hewan. Data yang diperoleh berupa deskripsi kegiatan belajar mengajar dan lesson study. Data-data dianalisis kemudian dinarasikan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran biologi dengan pendekatan berpusat pada siswa yang dikhususkan pada kegiatan penjelajahan alam sekitar dapat dilakukan menggunakan strategi yang berbasis pada cara belajar siswa aktif dan kooperatif. Strategi-strategi tersebut adalah pembelajaran kontekstual, pembelajaran partisipatif, dan pembelajaran inkuiri.
Abstract
Learning involves the interaction of lecturer, students, and learning resources. The interaction between them requires a learning strategy. This research aims to generate learning strategies of biology in the Department of Biology Unnes which has committed to apply the competence- and conservation-based curriculum of features the environmental exploration (JAS) approach. The research methodology uses a qualitative approach. The informants are the faculty members and the students who, respectively, teach and learn biology, microbiology, and animal taxonomy subjects. The data obtained were in the form of description of learning activities and lesson studies. The data were then analyzed narratively. The results showed that the student-centered learning of environmental exploration may be conducted using active- and cooperative-based strategies. Examples of these strategies are contextual learning, participatory learning, and inquiry learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Australian Government Departement of Health and Ageing. 2009. Rural Health Education Fondation: A Guide to Facilitating Adult Learning. [Versi elektronik]. Australian Government Departement of Health and Ageing.
Baxter D. 2007. Teaching Strategies for Adult Learners. [Versi elektronik]. Rivier Academic Journal. Vol.3, No.2.
Darmiyati Z. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif. Yogyakarta : UNY Press.
Sub Direktorat KPS. 2008. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Direktorat Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta
Hall JRP. 2009. Learning Strategies. [Versi elektronik]. Center for Research on Learning the University of Kansas
Handoyo & Tijan. 2011. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi Pengalaman Universitas Negeri Semarang. [Versi elektronik]. Jakarta: Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional.
Mulyasa E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
NSTA, National Science Teachers Association. 2009. The Biology Teacher’s Handbook. 4th ed. Arlington, VA: BSCS NSTA press
Paulson DR & Faust JL. 2012. Active and and Cooperative Learning. Diambil pada tanggal 2 Desember 2012 dari http://www.calstatela.edu/dept/chem/chem2/Active/
Ridlo S. 2005. Penjelajahan Alam Sekitar. Makalah. Disampaikan pada “pengembangan kurikulum dan desain inovasi pembelajaran biologi program studi pendidikan biologi dengan pendekatan pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS)” yang diselenggarakan oleh Jurusan Biologi FMIPA Unnes tanggal 14-23 Februari 2005
Sweeney T & Cromley J. 2002. Adult Learners: Teaching Strategies to Improve Learning and Comprehension. [Versi elektronik]. RMC Research Corporation
Weimer M. 2012. Effective Strtegies for Improving College Teaching and Learning. [Versi elektronik]. Madison: Magna Publication, Inc.
Young T & Knestrict T. 2012. Preparing Better Teachers: Using Collaboration in Preservice Education. [Versi elektronik]. New Horizons Journals. Winter 2012 Vol. X No. 1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.