NO SMOKING HANDOUT BERBASIS STUDI KASUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISTEM RESPIRASI BERWAWASAN KONSERVASI
Abstract
In the learning process , learning resources can be presented in various forms of media. Handout is a learning resource that contains material that is contextual such as the dangers of smoking. This study aims to analyze the validity and feasibility of No Smoking handout as a learning resource conservation minded. This study is a research and development (Research and Development) by following the ten steps compiled by Sugiyono namely the potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, limited testing, revision of the design, implementation learning, revision, and printing the final product. Validity No Smoking Handout analyzed using instruments BSNP. Test is limited to 15 students of class XII and the implementation of the handout at the learning done in class XI MAN Pemalang, eligibility No Smoking Handout seen improved cognitive outcomes of students with the design of making a one-group pre-test and post-test design. The validity of research results handout 80.7% with a valid criteria. Improved student learning outcomes in class XI MIA 1 of 0.63 and grade XI MIA 2 of 0.59, both criteria being. The conclusions of this study is No Smoking Handout is a learning resource valid and fit for use as a learning resource conservation minded in learning the respiratory system.
Dalam pembelajaran sumber belajar dapat disajikan dalam berbagai bentuk media. Handout merupakan salah satu sumber belajar yang berisi materi-materi yang bersifat kontekstual seperti bahaya merokok. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas dan kelayakan No Smoking Handout sebagai sumber belajar berwawasan konservasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti sepuluh langkah yang disusun oleh Sugiyono yakni Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi desain, implementasi dalam pembelajaran, revisi, dan pencetakan produk akhir. Validitas No Smoking Handout dianalisis dengan menggunakan instrumen BSNP. Uji terbatas pada 15 siswa kelas XII dan implementasi handout pada pembelajaran dilakukan di kelas XI MAN Pemalang, kelayakan No Smoking Handout dilihat dari peningkatan hasil kognitif siswa dengan desain pengambilan one-group pre-test and post-test design. Hasil penelitian validitas handout 80,7% dengan kriteria valid. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas XI MIA 1 sebesar 0,63 dan kelas XI MIA 2 sebesar 0,59, keduanya dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah No Smoking Handout merupakan sumber belajar yang valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar yang berwawasan konservasi pada pembelajaran sistem respirasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran SMA/MA. Jakarta: BSNP.
Coletta VP & JA Phillips. 2007. Interpreting Force Concept Inventory Scores: Normalized Gain and SAT Scores. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 3, 010106.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2007. Jakarta: Depkes RI.
Fitriyah NI, Purwantoyo E & Chasnah. Efektivitas Kooperatif Two Stay-Two Stray terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education 1 (2) (2012)
Hera R, Khairil & Hassanudin. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkuliahan Perkembangan Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Edu Bio Tropika, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2014, hlm. 187-250.
Purnomo D, M Indrowati & P Karyanto. 2013. Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pepe Surakarta sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 5, Nomor 1 Januari 2013.
Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2013. Perilaku Merokok Masyarakat Indonesia. Jakarta: Infodatin.
Salawati T & Rizki A. 2010. Perilaku Merokok di Kalangan Mahasiswa Unimus. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Unimus. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS 2010, ISBN: 978.979.704. 883. 9.
Sari YK, SME Susilowati & S Ridlo. 2013. Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Berbasis Karakter dan Konservasi. Unnes.J.Biol.Educ. 2 (2) (2013).
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
WHO Department of Mental Health and Substance Dependence. 2001. Encouraging people to stop smoke. Geneva: WHO.
Refbacks
- There are currently no refbacks.