PENGARUH PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER KONSERVASI MAHASISWA

Novi Ratna Dewi, Natalia Erna Setyaningsih

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of implementation of inquiry-based lab instructions on critical thinking skills and character of the conservation of students in basic physics 2 practicum courses. The design study is a One shoot case study.  The data collection technique using the test method to obtain data on cognitive skills and critical thinking skills of students, as well as observation methodology to assess the character of the conservation of students. The collected data were then analyzed using Pearson correlation formula. The test results of inquiry-based lab manual correlation with the critical thinking skills of students showed t 3.93 ≥ t table  2.08 this means that there is a correlation between variables. From the calculation rb of 0.63 so that it can be concluded that the relationship between the variables of guided inquiry with critical thinking skills are strong. Results of the analysis showed the character of the conservation of t 3.38 ≥ t table 2.08 so that there is influence between the application of inquiry-based lab instructions to the character of the conservation of students. From the calculation rb 0,58 so it can be concluded that the relationship between the variables of guided inquiry with the character of conservation is strong. This shows that the implementation of inquiry-based lab manual influence on critical thinking skills and character of the conservation of students in basic physics 2 practicum courses .

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi petunjuk praktikum berbasis inkuiri  terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter konservasi mahasiswa pada mata kuliah praktikum fisika dasar 2. Desain penelitian yang digunakan adalah One shoot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data tentang kemampuan kognitif dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, serta metode observasi untuk menilai karakter konservasi mahasiswa. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson. Hasil uji korelasi petunjuk praktikum berbasis inkuiri dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan thitung 3.93 ≥ ttabel 2.08 hal ini berarti ada korelasi antar variable. Dari hasil perhitungan diperoleh rb sebesar 0,63 sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kritis adalah kuat. Hasil analisis karakter konservasi menunjukkan thitung 3.38 ≥ ttabel 2.08 sehingga ada pengaruh antara penerapan petunjuk praktikum berbasis inkuiri terhadap karakter konservasi mahasiswa. Dari hasil perhitungan diperoleh rb sebesar 0,58 sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel inkuiri terbimbing dengan karakter konservasi adalah kuat. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi petunjuk praktikum berbasis inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter konservasi mahasiswa pada mata kuliah praktikum fisika dasar 2.

 

Keywords

lab, inquiry, critical thinking, conservation character.

Full Text:

PDF

References

Cahyani, R., N.Y. Rustaman, M. Arifin & Y. Hendriani. 2014. Kemampuan Kognisi, Kerja Ilmiah dan Sikap Mahasiswa Non IPA melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1): 1- 4.

Dewi, N. R. & I. Akhlis. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan untuk Mengembangkan Karakter siswa. Unnes Science Education Journal. 5 (1): 1098-1101.

Ennis, R. H.. 1996. Goals for a Critical Thinking Cur­riculum. Dalam A. L. Costa (Ed), Developing Minds. Virginia: Association for supervision and Curiculum Development.

Hapsari, D. P., Suciati & Marjono. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (3): 16 – 28.

Maharani, D. W. & N. R. Dewi. 2015. The Implementation Of Science Inquiry- Based Website Oriented By Cultural Deviance Solution to Instill Students’ Character and Independence. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4 (1): 25- 30.

Megasari, A., Achmad & Pramudiyanti. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik. 2 (8).

Tukidi. 2011. Pendekatan Inkuiri dalam Pembeharuan Pembelajaran IPA Bidang Studi Geografi Di Sekolah. Jurnal Jurusan Geografi, 8(2): 118-125.

Umah, S.K., Sudarmin, N.R. Dewi. 2014. Pengembangan Petunjuk Praktikum Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Tema Makanan dan Kesehatan. Unnes Science Education Journal. 3 (2): 511-518.

Yulianti, D. & Wiyanto. 2009. Perencanaan Pembelajaran Inovatif. Semarang: UNNES.

Zhou, Q., Qiuyan, H. & Hong, T. 2013. Developing Students’ Critical Thinking Skills by Task- Based Learning in Chemistry Experiment Teaching. Creative Education Journal. 4 (12a): 40-45.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.