PELAKSANAAN ASESMEN PEMBELAJARAN IPA DALAM KTSP

Setyoningsrum N R, Supriyanto T

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pelaksanaan asesmen pembelajaran IPA, menganalisis dan mendeskripsi hambatan dalam pelaksanaan asesmen, dan memaparkan solusi dari hambatan dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran IPA berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III, IV, dan V, serta peserta didik kelas III, IV, dan V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh informasi bahwa (1) guru sudah melaksanakan asesmen pembelajaran IPA, meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; (2) pelaksanaan asesmen belum dilakukan secara komprehensif/keseluruhan dan belum sesuai dengan silabus dan RPP. Hambatan dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran IPA, sebagai berikut: (1) alokasi waktu pembelajaran IPA tidak sebanding dengan banyaknya materi pelajaran IPA yang harus disampaikan oleh guru kepada peserta didik; (2) kurangnya kemampuan guru dalam mengelola waktu; serta (3) kemampuan peserta didik berbeda-beda. Solusi dari hambatan tersebut sebagai berikut: (1) guru harus menyusun sendiri RPP dan membuat rencana penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran IPA; (2) guru harus pandai mengatur waktu dalam menyampaikan materi pelajaran dan mengadakan penilaian; serta (3) guru harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan lebih komunikatif pada saat menyampaikan pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.