Pemahaman Zoonosis dan Konsep Ecohealth bagi Kader Konservasi Desa Ngesrepbalong dalam Mencegah dan Menghadapi Pandemi Covid 19

Margareta Rahayuningsih, R Susanti, RR Sri Rahayu, Andin Vita Amalia, Suwarti Suwarti, MS Arifin

Abstract

Pemahaman penyakit zoonosis untuk mengantisipasi merebaknya kasus zoonosis dan dimulainya tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid 19 sangat diperlukan kader konservasi Desa Ngesrepbalong. Para kader konservasi yang juga merupakan bagian dari pelaku ekonomi di bidang wisata memerlukan kesiapan yang matang menjelang dibukanya destinasi wisata di Desa Ngesrepbalong. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman kader konservasi tentang zoonosis dan konsep ecohealth menuju tatanan baru di masa pandemi.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi tiga tahap utama, yaitu tahap perijinan, persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap monitoring evaluasi. Tahap perijinan dimulai dengan perijinan kepada Kepala Desa Ngesrepbalong, tahap persiapan dimulai dari penyiapan jadwal, penyusunan materi, dan penyusunan evalusi.  Tahap pelaksanaan adalah pemberian materi inti pengabdian,  tahap monitoring dan evaluasi.

Kegiatan pengabdian masyarakat untuk pemberian materi inti dimulai pada tanggal 28-29 Agustus 2021 di Balai Desa Dusun Gunungsari,-Desa Ngesrepbalong yang berfokus pada pemahaman zoonosis bagi kader konservasi dalam mencegah dan menghadapi Pandemi Covid 19. Peserta diikuti sebanyak 15 kader konservasi yang bergerak di sektor wisata,  terdiri dari perwakilan Dusun Gempol, Dusun Gunungsari, dan Dusun Medini. Disamping itu dihadiri pula oleh kadus Dusun Gunungsari, perwakilan Perum Perhutani Kedu Utara, dan tokoh masyarakat. Jumlah peserta dibatasi mengingat masa PPKM (level 2) masih diperpanjang dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Pemberian materi pengabdian terdiri dari materi Zoonosis dan upaya pencegahan, konsep Ecohealth-Onehealth, tatanan hidup baru dimasa pandemi, serta berwisata aman di masa pandemi. Kegiatan pengabidan ini memberikan wawasan baru dan pemahaman bagi kader konservasi di Desa Ngesrepbalong. Hal ini tampak dari hasil evaluasi bahwa sebagian besar peserta semakin memahami pengertian dari zoonosis, konsep ecohealth-onehealth dan mereka juga memahami bagaimana mempersiapkan diri menghadapi New Era di masa pandemic, serta mereka telah menerapkan apa yang disampaikan dalam kegiatan di lokasi wisata yang mereka kelola.

Keywords

kader konservasi, pemahaman zoonosis, Desa Ngesrepbalong

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.