Perancangan Si Meton sebagai Maskot Pilkada Provinsi Nusa Tenggara Barat 2018

Raden F. P Ardi(1), D. Adi Wiratama(2),


(1) Ardi, Raden F. P. Wiratama, D. Adi Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual, STIMIK Bumigora
(2) Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual, STIMIK Bumigora

Abstract

Ancaman meningkatnya golongan putih (golput) dalam Pilkada provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusahakan kampanye pentingnya peran serta masyarakat NTB dalam pesta demokrasi ini. Bidang desain komunikasi visual (DKV) dalam hal ini perlu menyadari perannya untuk tidak hanya membuat masyarakat mengetahui suatu informasi, melainkan juga turut peduli. Selain media wajib seperti poster, brosur, dan spanduk, dicanangkan pula metode pendekatan dinamis dengan masyarakat menggunakan media maskot. Melalui proses riset terhadap kearifan lokal di NTB, tahapan design thinking yang dijalankan menghasilkan output berupa maskot bernama “Si Metonâ€. Si Meton adalah antropomorfik dari mejangan (hewan khas NTB) yang mengenakan pakaian adat NTB sembari membawa kotak suara pemilihan umum. Dengan kelingking birunya, Si Meton diharapkan menjadi role model masyarakat NTB yang menggunakan hak politiknya.

Keywords

Pilkada, Kampanye, Maskot, Antropomorfik, Nusa Tenggara Barat

Full Text:

PDF

References

Ingle, B. R. 2013. New York: Apress. Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Periklanan – Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Mohanty, Sagyan Sagarika. 2014. Growing Importance of Maskot & their Impact on Brand Awareness – A Study of Young Adults in Bhubaneswar City. Journal of Computational Engineering and Management, 17(6), pp. 42-44.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara Yogyakarta.

Susanto, Mikke. 2002. Diksi Rupa, Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.

Wheeler, Alina. 2013. Designing Brand Identity, An Essential Guide for The Whole Branding Team. New Jersey: John Willey and Sons, 2013.

Definition of Anthropomorphism, https:// www.merriam-webster.com/dic-tionary/ anthropomorphism, (19 Mei 2018).

Design thinking, Design thinking Is a Process for Creative Problem Solving, https:// www.ideou.com/pages/design-thinking (4 Oktober 2017).

Infografis Angka Golput dari Era Sukarno ke Jokowi, https://kumparan.com/ @ kumparannews/infografis-angka-golput-dari-era-sukarno-ke-jokowi, (18 Mei 2018).

Logo Pemrov NTB, https://www.ntbprov. go.id/, (11 Mei 2018). The Lion Man, an Ice Age Masterpiece, https:// blog.britishmuseum.org/the-lion-manan-ice-age-masterpiece/, (19 Mei 2018).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.