DIVERSIFIKASI PRODUK DAN TEKNIK PEMASARAN KERAJINAN KULIT DI SOLO RAYA PROPINSI JAWA TENGAH

Istijabatul Aliyah(1), Galing Yudana(2),


(1) Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret
(2) Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret

Abstract

Wilayah Solo Raya merupakan hinterland dengan karakter peri-urban memiliki banyak potensi tumbuh berbagai usaha kecil yang berawal dari kreativitas masyarakat dalam mencari peluang usaha. Namun masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pelaku usaha kreatif, diantaranya keterbatasan keterampilan dalam berkreasi menciptakan produk yang beragam, belum mengimplementasikan tata kelola usaha dengan baik, dan belum adanya perluasan jejaring pemasaran hasil kerajinan kulit di wilayah Solo Raya Propinsi Jawa Tengah.

Metode yang digunakan meliputi metode penyuluhan dan pelatihan sebagai alat transfer pengetahuan tentang berkreasi menciptakan produk yang beragam, tata kelola usaha, dan perluasan jejaring pemasaran hasil kerajinan kulit dan seluk beluknya yang akan diberikan kepada mitra, metode pendampingan untuk meningkatkan kreativitas dalam menciptakan produk yang beragam, menerapkan tata kelola usaha dengan tepat, dan perluasan jejaring pemasaran hasil kerajinan kulit dengan teknologi online marketing, pembuatan website sebagai media perluasan jejaring pemasaran dengan teknologi online marketing, dan pemberian bantuan fasilitas pemasaran berupa perangkat keras (hardware) dan lunak (software).

Hasil kegiatan ini adalah adanya 1) peningkatan ketrampilan dalam diversifikasi produk berupa desain, ukuran, warna, labelling sesuai pesanan dengan teknik bordir atau cap atau cetakan, pengembangan produk kulit dengan kombinasi dengan material lain seperti batik, lurik, dan rajut; 2) Peningkatan ketrampilan dalam tata kelola usaha, perluasan pemasaran dalam membangun jejaring pasar, dan membangun teknologi online marketing; 3) Pembuatan website sebagai media perluasan jejaring pemasaran dengan teknologi online marketing; dan 4) Bantuan fasilitas pemasaran berupa perangkat keras (hardware) dan lunak (software).

Keywords

Diversifikasi, Pemasaran, Kerajinan,Kulit

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, 2013, Strategi aliansi dalam menghadapi globalisasi: Studi pada perusahaan kerajinan kulit di Kabupaten Magetan), Widya Warta No. 01 Tahun XXXV II/ Januari 2013, Madiun: Program Studi Manajemen STIE Dharma Iswara.

Erawati, Riadila Vita, 2014, Kontribusi industri kerajinan kulit bagi pendapatan tenaga kerja di Kabupaten Magetan, Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya, http://www.scribd.com/document_downloads/237479038?extension=pdf&from=embed&source=embed

Cahyana, Agus, 2008, Studi pengembangan desain kerajinan anyaman pandan sentra industri kecil Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Samodro, 2012, Karakteristik kerajinan berbasis kearifan lokal pada produk kerajinan di Indonesia (Studi kasus di beberapa kota di Indonesia: Cirebon, Sukoharjo, Klaten, Jepara, Bojonegoro, Bali, dan Manado). http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kiddkv/article/viewFile/1635/pdf

Soeradjie, Eko, 2012, Seni kerajinan, http://ekokillimz.blogspot.com/2012/04/seni-kriya-adalah-cabang-seni-yang.html

Zuhdi, Muria, Kriya kulit, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Drs.%20B.%20Muria%20Zuhdi,%20M.Sn./%2811%29%20Kriya-Kulit.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.