MEDIA INTERAKTIF “AYO MENGENAL MOTIF BATIK KLASIK†DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI BATIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Ratih Ayu Pratiwinindya(1),


(1) Seni Rupa FBS Unnes

Abstract

Pembelajaran apresiasi kurang diminati siswa karena dalam penyampaianya cenderung monoton dan kurang menarik. Dari kondisi tersebut, dianggap perlu dikembangkan sebuah pembelajaran apresiasi, khusunya apresiasi motif Batik menggunakan media pembelajaran sehingga lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah media pembelajaran media interaktif â€Ayo Mengenal Motif Batik Klasikâ€. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Labschool UNNES. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan test uji coba media. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran yang diaplikasikan pada siswa kelas VI SD Labschool UNNES siswa lebih antusias dan senang, dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Kemampuan siswa memberikan respon dalam pembelajaran apresiasi motif batik klasik melalui lembar apresiasi terbukti baik. Hasil validasi pakar media pembelajaran mendapatkan nilai yang tinggi, sehingga media pembelajaran layak untuk diterapkan dalam pembelajaran apresiasi di sekolah.

Keywords

apresiasi, batik klasik, media pembelajaran, media interaktif.

Full Text:

PDF

References

Nandi, 2006. “Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi di Persekolahanâ€. Jurnal “GEAâ€. 6 (1).

Patterson. J.L. and Patterson J.H. 1983. Putting Computer Power in Schools: A step-by step approach. Prentice Hall

Pratiwinindya, R. A., Iswidayati, S., & Triyanto, T. 2017. Simbol Gendhèng Wayangan pada Atap Rumah Tradisional Kudus dalam Perspektif Kosmologi Jawa-Kudus. Catharsis, 6 (1), 19-27

Sadiman, A.S, Rahardjo, Haryono A., & Rahardjito. 2002. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schechner, Richard. 1993. Wayang Kulit in the Colonial Marginâ€, dalam Richard Schechner (ed), the Future of Ritual. London, New York: Routledge.

Sopandi, Achmad. 2003. Multimedia Interaktif dalam Pendidikan Seni Rupa: penggunaan perangkat eco-color miultimedia interaktif (ECMi) dalam proses pembelajaran mata kuliah Batik di studio batik Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Wacana Seni Rupa Jurnal Seni Rupa dan Desain. 3 (6)

Supatmo, 2015. “Screen Printing dalam Industri Grafika pada Era Digitalâ€. Imajinasi: Jurnal Seni, Volume IX, No. 2- Juli 2015, 113.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.