KREATIVITAS PENCIPTAAN DAN PENAFSIRAN SIMBOLIK ILUSTRASI EDITORIAL HARIAN KOMPAS

Mujiyono Mujiyono(1),


(1) Seni Rupa FBS Unnes

Abstract

Ilustrasi editorial Kompas memiliki kekuatan visualisasi komposisi yang estetik dan simbolik yang unik sehingga mampu menyampaikan pesan secara lebih komunikatif dan efektif. Ilustrasi editorial Kompas menyajikan beragam tema kontekstual terutama nasional mulai pendidikan, kebudayaan, ekonomi, sosial-budaya dan lainnya hasil terjemahan visual artikel penulis profesional yang berlatar belakang budayawan, akademisi, profesional, birokrat, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah memahami model kreativitas penciptaan simbolik yang dilakukan oleh ilustrator dan model penafsiran simbolik pembaca. Paradigma penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian adalah semiotika strukturalisme dan postrukturalisme dengan pembacaan tanda berdasarkan kode hermeneutik, simbolik, semantik, narasi, kultural dan jalinan kodenya.  Subjek penelitian ini adalah ilustrasi editorial Kompas 2018. Obyek penelitian ini adalah metode penciptaan oleh ilustrator dalam berkarya dan imajinasi simbolik dalam penafsiran pembaca berdasarkan identifikasi kode dan jalinan kode. Teknik pengumpulan data melalui penelusuran dokumen ilustrasi editorial Kompas 2018 beserta teks acuannya. Analisis data terdiri reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah sebagian besar ilustrasi editorial Kompas tervisualkan dalam teknik distorsi dan sintagmatik imajinatif pada tanda-tanda visualnya. Penafsiran makna pada ilustrasi editorial Kompas mengharuskan pembaca untuk berimajinasi simbolik melalui paradigma sintagmatik dan paradigmatik disertai dukungan kode hermeneutik, simbolik, semantik, narasi, kultural dan jalinannya.   

Keywords

ilustrasi, kode, jalinan kode, Kompas, tanda.

Full Text:

PDF

References

Cavallaro, Dani. 2004. Teori Kritis dan Teori Budaya. Yogyakarta: Niagara.

Mujiyono, 2009. “Presentasi Realitas dalam Karya Seni Rupa Murniâ€, Imajinasi, Volume V, No. 1, Januari 2009 (177-186).

Mujiyono, 2010. “Seni Rupa dalam Perspektif Metodologi Penciptaan: Refleksi atas Intuitif dan Metodis†Imajinasi, Volume VI, No. 1, Januari 2010 (75-83).

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika Tafsir Culutral Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Sachari, Agus. 2005. Metodologi Penelitian Budaya Rupa. Jakarta: Erlangga.

Salam, Sofyan. 2017. Seni Ilustrasi: Esensi - Sang Ilustrator - Lintasan – Penilaian. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media (Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunardi, ST. 2004. Semiotika Negativa. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Sudjiman, Panuti dan van Zoest, Aart. 1991. Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Surajiyo, 2005. Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra.

Widagdo. 2006. “Penelitian Bidang Seni Rupa†dalam Jaringan Makna Tradisi Hingga Kontemporer. Yogyakarta: BP ISI.

WWW.Kompas.id/kategori/opini/artikel-opini/ download 15 Juli 2019

Zoest, Aart Van. 2003. Semiotika: Tentang Tanda, Cara Kerjanya dan Apa yang Kita Lakukan Dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.