PERANCANGAN BRAND IDENTITY BAND COOL AND THE GANG

Denny Wirawan(1), Peni Pratiwi(2), Birmanti Setia Utami(3),


(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(2) Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(3) Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Abstract

Cool and The Gang adalah band indie dari Solo yang terbentuk pada tahun 2015 dengan genre music RnB dan funky. Tetapi band ini belum memiliki brand identity, padahal brand identity sangat diperlukan untuk membangun sebuah identitas yang kuat untuk membedakan dari band lain. Brand identity merupakan dasar dari sebuah produk/ jasa yang sangat penting untuk memperkenalkan pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam perancangan brand identity adalah metode campuran berupa wawancara langsung kepada client dan membagikan kuesioner kepada target audience. Gaya desain yang digunakan adalah swiss style. Gaya desain swiss style merupakan aliran desain yang mengutamakan kesederhanaan, bersih dan lebih memanfaatkan ruang negatif dalam desainnya. Hasil dari perancangan berupa logo sebagai identitas visual band dan media pendukung seperti video profil, kaos, kartu nama dan lain-lain untuk memperkuat brand identity sehingga masyarakat dengan mudah mengenalinya.

Keywords

Cool and The Gang, Band, Brand Identity, Swiss Style

Full Text:

PDF

References

Creswell, John W, 2014, Research Design, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghodeswar, Bhimrao M, 2015, Building Brand Identity in Competitive Markets: a Conceptual Model, Emerald Insight, journal

Landa, Robin, 2006, Graphic Designs Solutions, United States of America: Library of Congress.

Sihombing, Danton, 2015, Tipografi dalam Desain Grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto, 2009, Mendesain Logo, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sarwono, Jonathan, 2007, Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Andi.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Wheeler, Alina, 2009, Designing Brand Identity, Canada: Hoboken.

Yuliastanti, Ana, 2008, Bekerja sebagai Desainer Grafis, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hollis, Richard, 2006, Swiss Graphic Design: The Origins and Growth of an International Style, 1920-1965, London: Laurence King Publishing.

Yuliana, Berlian, 2014, Perancangan Brand Identity Kampung Batik Tuban, http://eprints.upnjatim.ac.id/6743/1/FILE_1.pdf. Diakses tanggal 30 Oktober 2017.

Qoniatuzzahidah, dkk, 2015, Perancangan Visual Brand Identity Hanifa Bakery and Chocolate di Semarang, http://eprints.dinus.ac.id/16963/1/jurnal_16179.pdf. Diakses tanggal 14 Agustus 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.