TEKNIK, VISUALISASI, DAN ESENSI MOTIF KEMBANG SUWEG PADA BATIK TULIS SHUNIYYA

Anik Rahmawati(1), Ratih Ayu Pratiwinindya(2),


(1) Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Selamat Sri Kendal
(2) 

Abstract

Di Weleri terdapat batik tulis motif Kembang Suweg karya Shuniyya Ruhamma yang memiliki keunikan tersendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan teknik pembuatan, visualisasi karya dan esensi visual pada batik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu pertama, bahwa teknik pembuatan batik dimulai dari membuat pola dasar, membatik dengan canting klowong, mewarnai dengan teknik colet, dan pelorodan. Setelah itu proses nemboki menggunakan malam yang lebih pekat, pencelupan warna soga, pelorodan dan tahapan viksasi menggunakan alkohol 2% dari jumlah total 100%. Kedua, dari segi visualisai batik terdapat motif kembang suweg, melati kelopak tujuh, kupu-kupu, tanaman menjalar (sulur-suluran), bunga, burung Phoenix, kunang-kunang, kendil, mustoko masjid, unsur logo lama kabupaten kendal, rumah lebah, sapi, monyet, kijang, burung, dan capung. Ketiga, esensi visual motif batik umumnya mengandung makna mengenai kebaikan, doa, dan kemakmuran hidup, sehingga hal ini perlu dijadikan sebagai bentuk kesadaran manusia bahwa hidup di dunia ini nantinya akan kembali kepada yang Maha Kuasa.

Keywords

batik tulis;Kembang Suweg;esensi visual;Weleri

Full Text:

PDF

References

Feldman, Edmund Burke. 1967. Art as Image and Idea. New Jersey: The University of Georgia Prentice Hall, Inc, Englewood Clift.

Ghony, M. Djunaidi dan Almanshur, Fauzan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamzuri. 1981. Batik Klasik. Jakarta: Djambatan.

Hartoko, Dick., 1986. “Pencerapan Estetik dalam Sastra Indonesia†dalam Basis Vol. XXXV 1 Januari. Yogyakarta: Andi Offset.

Khusaini, M. Habbiburahman. 2015. “Bentuk dan Esensi Visual Motif Batik Porang Kelompok Batik Tulis Sari Warni di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiunâ€. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lisbijanto, Herry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis DataKualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Zamidra, 2012. Makhluk Mitologi Sedunia. Jakarta: Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Group).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.