KAJIAN IDENTITAS KEPAHLAWANAN NUSANTARA DALAM PENDEKATAN ELEMEN VISUAL PERMAINAN DIGITAL TOWER DEFENSE

Pratama Bayu Widagdo(1), Dwi Oktafiani(2),


(1) Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang
(2) 

Abstract

Identitas kepahlawanan nusantara sebagai konten kearifan lokal mempunyai peranan penting secara sosial, baik langsung maupun tidak langsung, dalam menumbuhkan semangat nasionalisme. Identitas dibentuk dari sekumpulan informasi. Proses komunikasi memerlukan pendekatan tertentu agar informasi (pesan) tersampaikan secara cepat dan tepat sasaran. Keterpercayaan terhadap pesan akan muncul bila dibangun denga pendekatan elemen visual. Permainan digital tower defense dengan dukungan teknologi mampu mempercepat penyampaian informasi. Permainan digital, yang kesan pertama timbul dari aspek visual, digunakan untuk penyampaian identitas kepahlawanan nusantara. Jenis permainan tower defense, yang bertujuan membangun dan mempertahankan teritori, sangat selaras dengan tema kepahlawanan nusantara. Kajian ini terfokus pada kasus permainan digital tower defense Pertempuran Lima Hari di Semarang untuk mempelajari latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi. Analisis menemukan bahwa konten dapat dipetakan dari kronologi dan menarik hubungan antara tempat kejadian dan momennya. Selanjutnya dari situ dapat dibuat konseptualisasi untuk pada mekanika inti tower defense dan pelevelannya. Selanjutnya ditemukan gaya penciptaan entitas visual menghindari wujud “apa adanya†dengan memberikan sentuhan modern pada konten yang kental dengan unsur sejarah.

Keywords

identitas;kepahlawanan nusantara;elemen visual;permainan digital;tower defense

Full Text:

PDF

References

Berger, Arthur Asa. 2011. Seeing is Believing: Introduction to Visual Communication, 4th Edition. America: McGraw- Hill.

Kroef, Justus. 1951. The Term Indonesia: Its Origin and Usage. Journal of the American Oriental Society 71 (3), 166–171

Samovar, dkk. 2009. Communication Between Cultures. Cengage Learning. hlm. 154-161. ISBN 0495567442.

Olins, W. 1998. Corporate identity: Making business strategy visible through design. London: Thames and Hudson.

Heilbrunn, B. 2006. Le logo, 2nd edition. Paris: Presses universitaires de France.

Swink, Steve. 2009. Game Feel: A game designer’s guide to virtual sensation. Burlington, MA: Morgan Kaufmann

Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials (Third Edition). New York: Delmar.

Schell, Jesse. 2008. The Art of Game Design : A book of lenses. Burlington: Morgan Kaufmann.

Reece, Damon. 2015. Best Tower Defense Games of All Time. http://gameranx. com/features/id/13529/article/best- tower-defense-games/ pada tanggal 27 April 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.