PERANCANGAN BOARD GAME TENTANG ILMUWAN DUNIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK

Ikhsandi Reformas(1), Rahina Nugrahani(2),


(1) Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Perancangan Board Game tentang ilmuwan dunia sebagai media edukasi untuk anak dilatar belakangi oleh di era serba digital ini pengenalan tokoh ilmuwan dunia terhadap anak-anak dirasa penting, dengan memperkenalkan tokoh Ilmuwan terhadap anak sedari dini dapat memberikan fungsi yang berguna dalam perilaku anak-anak, dengan itu diharapkan bisa menjadikan kaum ilmuwan menjadi role-model atau panutan untuk generasi muda mendatang. Keunggulan games sebagai media pembelajaran adalah dapat mengurangi kejenuhan terhadap informasi atau materi yang diberikan oleh pendidik. Tujuan proyek ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa board game yang ditujukan untuk Anak SD dengan rentang usia 9-12 tahun. Agar dapat menghasilkan perancangan media pembelajaran maka dibutuhkan 3 tahapan proses yaitu 1) proses pra produksi mencakup; pengambilan data, analisa SWOT dan menetapkan tujuan. 2) proses produksi mencakup; pembuatan elemen visual dan percetakan. 3) proses pasca produksi mencakup; validasi media dan pencetakan kedua hasil revisi. Setelah melaksanakan semua proses tersebut dihasilkan satu set board game “The Professor” yang berisi papan permainan utama, kartu pertanyaan, kartu bebas jawab, buku biografi singkat dan cara bermain, bidak, dan kemasan papan permainan. Board Game “The Professor” ini terinspirasi dari permainan Ular Tangga yang dimodifikasi dari segi konten dan metode cara bermain. Konten Permainan disini diambil para ilmuwan dunia yang ada di buku biografi singkat.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Dewey, John. 1961. Democracy and Education. United States. Tersedia dalam: wikisource

Nugrahani, 2007. “Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar”. Lembaran Ilmu Kependidikan 36 (1).

Prasetya, Edwin Yudha. 2017. “Perancangan Board Game Edukasi sebagai Sarana Bermain dan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Rusman, Deni K. & Cepi Riyana. 2013.

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Safanayong, Yongki. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia.

Steven, Tan. 2015. “Perancangan Board Game Pengenalan Dinosaurus untuk Anak Usia 8 Tahun”. Jurnal DKV Adiwarna.1(6),4-5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.