PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI GEGE RAJUT BREBES

Kiki Ariska Ulfa Mardiana(1),


(1) Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang

Abstract

Identitas sebuah perusahaan merupakan suatu hal yang terpenting, karena identitas sebagai penanda dan pembeda dengan perusahaan lain. “Gege Rajut” termasuk jenis usaha di bidang kerajinan tas rajut. Permasalahan promosi yang dihadapi Gege Rajut adalah masih kurangnya kesadaran tentang akan pentingnya brand awareness, manajemen promosi, dan juga semakin meningkatnya pesaingan dalam dunia bisnis, maka “Gege Rajut” membutuhkan suatu rancangan media promosi yang tepat untuk diaplikasikan pada media sosial. Kontribusi perancangan tersebut di atas bertujuan untuk meningkatkan citra pelaku usaha dan meningkat omset penjualan. Perancangan media promosi ini melalui beberapa tahap berkarya dengan urutan: praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Pemilihan media dalam perancangan identitas visual perusahaan disesuaikan dengan identitas visual. Konsep perancangan identitas visual dan pengaplikasiannya pada media promosi “Gege Rajut” adalah simpel dan feminim, sesuai citra brand yang ingin ditampilkan. Berdasarkan analisis tersebut, maka desain yang dirancang sebagai media promosi adalah stationery, sales promotion, advertising, direct marketing, dan internet marketing. Proyek studi ini telah menghasilkan rancangan desain identitas visual dan aplikasinya pada media promosi bagi “Gege Rajut” berupa stationery, sales promotion, advertising, direct marketing, internet marketing dan dapat dipergunakan sebagai media yang menarik, sehingga mampu meningkatkan brand awareness serta memperluas jangkauan pasar Gege Rajut.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar untuk Pemula. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia

Cenadi, Christine Suharto. 1999. “Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual”. Nirmana Vol.1, No.1, Januari 1999:1-11

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gitosudarmo, I. 1994. Manajemen Pemasaran., Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Kasali, R. 1992. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Kotler dan Amstrong. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran (terjemahan Sindoro). Jakarta: Prenhallindo.

Alexander Kusrianto, A. 2007. Pengantar Desain Komunikasi

Visual. Yogyakarta: ANDI.

LubisHaris. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Maroebeni. 2008. “Category Archives: Desain Komunikasi Visual”.

http://maroebeni.wordpress.com/2008/03/03/de sain-komunikasi-visual/ diakses pada 23 Agustus 2021.

Morissan, M. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyanto, M. 2006. Strategi Perancangan Iklan Outdoor Kelas Dunia. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Tim Penyusun Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.