KAJIAN ESTETIS BENTUK MAUNG PADA KERAJINAN CELENGAN KERAMIK DI CITATAH KABUPATEN BANDUNG BARAT

Muhammad Reval Eka Putra(1),


(1) Program Magister Pendidikan Seni, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Celengan merupakan sebuah karya seni kerajinan yang kegunaannya untuk menabung uang. Celengan sudah ada sejak zaman dulu dan manfaat atau kegunaannya diturunkan dari generasi ke generasi, namun di era saat ini yang serba digital, celengan sudah mulai ditinggalkan atau bahkan masyarakat sudah tidak tertarik lagi untuk menggunakannya sebagai media untuk menabung atau atau menyimpan uang. Masalah tersebut dapat terjadi karena kebiasaan menabung di masyarakat yang lebih nyaman dilakukan di bank atau menggunakan aplikasi pada ponsel pintarnya yang disebut sebagai dompet digital. Tujuan penulisan jurnal ini untuk mengkaji bentuk estetis pada celengan maung baik dari segi bentuk, warna, ukuran maupun tekstur juga untuk meningkatkan literasi dan informasi kepada masyarakat mengenai keberadaan kerajinan seni celengan ini yang harus dilestarikan agar tidak hilang oleh kemajuan zaman. Penulisan jurnal ini menggunakan metode kualitatif dengan mengkaji dari bentuk celengan yang dibahas melalui pengamatan dan studi pustaka.

Keywords

art, seni

Full Text:

PDF

References

Augesti, A. (2018). Riwayat Celengan di Dunia, Era Yunani Kuno hingga Majapahit. [Online]. Diakses dari https://www.liputan6.com/global/read/32 30821/riwayat-celengan-di-dunia-era- yunani-kuno-hingga-majapahit

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit RINEKA CIPTA.

Gustaman, B. & Khoeruman, H. F. (2019). Antara Mitos Dan Realitas: Historisitas Maung Di Tatar Sunda. METAHUMANIORA. 9(1), 18- 27.

Faikar, F. A., Chamid, C. (2020). Kajian Dampak Kegiatan Industri Pertambangan Batu Gamping di Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Perencanaan Wilayah Dan Kota. 6(1), 43-53. http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.2088 4

Fasya, I. K., Endriawan, D. & Zen, A. P. (2022). Analisis Bentuk Estetis Pada Patung Pahat Batu di Kawasan Karst Citatah. e-Proceeding of Art & Design. 9(2), 1151-1166.

Salam, S., Sukarman, H., & Muhaimin, M. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Soedewi, S. (2017). Artikulasi Jersey Persib 2014. Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya. 2(1), 54-67.

Sulaksana, N., Rendra, P. P. R., Sulastri, M. (2019). Pemberdayaan Potensi UMKM Tahun 2019 Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat Melalui Kegiatan PPM Terintegrasi Riset Unpad. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(6), 142-144.

Sumardjo, J. (2000). Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB.

Taswadi. (2005). ANTARA PADALARANG DAN RAJAMANDALA (Meningkatkan Mutu Estetik Cengcelengan Cinderamata dari Bandung Barat). Historia: International Journal Of History Education. 5(5), 1-4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.