PERANCANGAN TYPEFACE MANIFESTASI MOTIF HIAS JLAMPRANG PEKALONGAN

Muhammad Alvan Ainul Afifi(1), Supatmo Supatmo(2),


(1) Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Motif hias Jlamprang menjadi salah satu aset yang sudah lama dikenal dan menjadi potensi yang dimiliki Kota Pekalongan. Motif Jlamprang merupakan motif asli Kota Pekalongan, yaitu semacam nitik yang tergolong dalam batik geometris. Namun, generasi muda sekarang ini tidak menyadari bahwa motif tersebut sudah melekat dengan Kota Pekalongan dan menjadi elemen penting. Hal ini sangat wajar, karena pengembangan pemanfaatan dari motif Jlamprang ini tidak diperkuat terutama pada masa modern saat ini. Tujuan dari proyek studi ini untuk menghasilkan karya tipografi berupa rancangan typeface, dengan manifestasi bentuk dari motif hias Jlamprang. Perancangan typeface ini melalui beberapa tahap, dengan urutan tahap preliminary plan, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Beberapa aspek digunakan dalam menganalisis typeface ini seperti aspek teknik, aspek estetis dan aspek pesan. Melalui aspek teknik dengan menggunakan software Adobe Illustrator CC 2020 dan Fontlab 8, aspek estetis seperti penggunaan elemen motif hias Jlamprang pada typeface, keseimbangan pada anatomi huruf, kesatuan, dan daya tarik pada typeface, serta aspek pesan seperti typeface sebagai perwujudan motif hias Jlamprang, dan juga untuk memperkenalkan dan memperkuat citra khas Kota Pekalongan melalui media typeface. Karya yang dihasilkan dalam proyek studi ini yaitu berupa huruf display serta penerapanya pada berbagai media dan merchandise. Dari proyek studi ini dapat disimpulkan perancangan typeface motif Jlamprang ini sebagai salah satu font lokal untuk memperkenalkan budaya daerah Kota Pekalongan.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Elliott, I. M. 2013. Batik: Fabled Cloth of Java. Tuttle Publishing.

Gunarta, A. 2013. Cara Mudah Membuat Font dengan CorelDraw. Andi Offset. Handriyotopo, H. 2014. Tipografi Dekoratif Kawung Floral Regular. Acintya, 6(2).

Kusrianto, A. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi Offset.

Nugrahani, R. 2015. Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.

Rustan, S. 2014. Huruf, Font, dan Tipografi. Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing, D. 2003. Tipografi dalam Desain Grafis. Gramedia Pustaka Utama.

Strizver, I. 2013. Type Rules: The Designer's Guide to Professional Typography. John Wiley & Sons.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.