PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “JOKO BELAJAR WUDHU” SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK USIA 5-7 TAHUN

Agih Dwi Yoga(1),


(1) Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Proses pembelajaran perlu adanya suatu media, agar interaksi yang terjadi bisa tersampaikan dengan baik. Bukan hanya itu saja, dengan penggunaan media dapat membantu memotivasi siswa dalam proses belajar. Tidak hanya tentang ilmu pengetahuan saja yang perlu ditingkatkan tetapi juga ilmu agama, yang keduanya sangat penting, serta harus berjalan secara beriringan. Dalam memulai edukasi agama, salah satu hal penting yang perlu dipelajari terlebih dahulu adalah tata cara wudhu. Pelajaran tentang belajar wudhu biasanya diajarkan dengan metode yang konvensional seperti halnya di sekolah saat ini. Pembelajaran wudhu, yang dilakukan secara konvensional, memunculkan rasa jenuh kepada anak-anak, apabila mereka tidak kunjung berhasil melakukan praktik wudhu yang benar. Munculnya gagasan pembelajaran yang menarik bisa sangat efektif dan efisien dalam menarik minat anak dalam proses pembelajaran, seperti halnya penggunaan multimedia interaktif. Mulimedia interaktif “Joko Belajar Wudhu” dirancang dengan konten beberapa materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Media ini bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran karena berisi materi doa niat wudhu dan doa setelah wudhu yang dilengkapi suara contoh ucapan doa. Terdapat juga gerakan wudhu yang diberikan contoh dengan gerakan animasi 2D serta terdapat permainan kuis yang terkait dengan materi belajar wudhu. Dengan ini diharapkan bisa menunjang minat anak dalam proses belajar yang ceria dan menyenangkan.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Fazilatunnesa. 2015. “Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu dan Shalat untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia”. Jurnal Algoritma.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Multazam, Ahmad. 2013. “Pemanfaatan dan Penggunaan Media Pembelajaran” http://multazameinstein.blogspot.co.id/ 2013/07/pemanfaatan-dan-penggunaan- media.html?m=1. (Diakses tanggal 15 juli 2013).

Tinarbuko. 2015. Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: -

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia It Works. Yogyakarta: Andi.

Wahono, Satria. 2007. Multimedia Technology. http://www.dinus.ac.id/download/romi- multimedia-udinus 1 desember 2007.pdf- 9 oktober 2013 (Diakses pada 9 oktober 2019).

Zulfaisal, I. & Putrama, IM. 2008. “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Tata Cara Wudhu dan Shalat Berbasis Animasi 3 Dimensi”. KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 7 3, 191-201.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.