PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI NURSALAM TRAVEL DI KARAWANG

Isra Hidayati(1),


(1) Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini memfokuskan permasalahan yang dihadapi oleh salah satu biro perjalanan Haji dan Umrah di Karawang, yakni Nursalam Travel. Permasalahan dirumuskan sebagai kurangnya kesadaran pemilik bisnis mengenai pentingnya brand awareness dan manajemen promosi. Oleh karena itu, diperlukan suatu perancangan identitas visual yang akan diaplikasikan pada media promosi. Kontribusi perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan citra pelaku usaha dan meningkat omset penjualan jasa. Perancangan identitas visual ini dilakukan dalam beberapa tahap, yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Desain yang dirancang sebagai media promosi dalam penelitian ini yaitu stationery, brochure, poster, seragam karyawan, car branding, merchandise, dan media sosial. Penelitian ini menghasilkan perancangan identitas visual dan aplikasinya untuk media promosi bagi “Nursalam Travel” sehingga diharapkan mampu menampilkan citra brand yang positif dan profesional pada masyarakat. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi pemilik usaha dalam memasarkan jasanya

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anggoro, M. Linggar, (2000). Teori & Profesi Kehumasan: Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Arnold, D. 1992. The Handbook of Brand Management The Economist Books. International Management Series. Massachusetts: Perseus Book.

Arafah, 2011. “Perancangan Media Promosi Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang Melalui Media Catalog Studio Patung”. Proyek Studi. Universitas Negeri Semarang.

Cenadi, Christine Suharto. 1999. “Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual”. Nirmana, 1(1), Januari 1999: 1-11.

Dewi, Ika. 2009. Creating & Sustaining Brand Equity. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.

Dewi, Janita Ike. 2005. Perspektif Baru dalam Strategi Branding, Bisnis, dan Karir. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Utama.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management. New Jersey: Publishing as Prentice Hall. Di unduh pada 2 Mei 2019.

Rambat, Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik). Jakarta: Salemba Empat

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sistaningrum, Widyaningtyas. 2002. Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta Kanisius

Soegoto, Eddy Soeryanto. 2009, Entrepreneurship. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Supranto, J. Limakrisna. 2007. Pelaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sutarno. (2012). Serba-serbi Manajemen Bisnis. Semarang: Graha Ilmu.

Sutrisno dan Ruswandi. 2010. Modul Menata Produk. Sukabumi: Yudhistira

Tjiptono, Fandy. 2001. “Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial”. Majalah Manajemen Usahawan Indonesia. Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Tjokroaminoto, Jessica dan Kunto, Sondang Yohanes. 2014. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1, 2014: 1-11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.