PENERAPAN ILUSTRASI BERTEMA BUDAYA INDONESIA PADA MEDIA KAOS UNTUK PROMOSI CLOTHING THINKCOOKCOOK JAKARTA

Bara Pratama Auliananda(1), Supatmo Supatmo(2),


(1) Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, seperti Karapan Sapi Madura, Reog Ponorogo, Barong Bali, dan budaya lainnya yang tentunya memiliki keunikan dan makna simbolis yang mencerminkan nilai-nilai tradisi. Masyarakat, khususnya para remaja, kini kurang peduli dan enggan mencari tahu asal usul sebuah budaya di daerah masing-masing. Tujuan Proyek Studi ini adalah (1) merealasisasikan konsep dan kreasi dalam bentuk karya seni digital dengan media kaos. Pembuatan proyek studi menggunakan media kaos dengan pemilihan jenis bahan kaos serta gaya realis dan pewarnaan menggunakan warna cenderung kontras. Dalam menghadirkan karya digital, objek gambar pada proyek studi ini dibuat dengan menambah beberapa ornamen dan objek pendukung yang merepresentasikan budaya di daerah yang diwakilkan. Pembuatan proyek studi ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni survei budaya yang akan diangkat, pengumpulan data, reduksi data, memahami karakter tiap budaya, pembuatan sketsa secara digital dan finishing karya. Karya digital yang ditampilkan dalam proyek studi ini terdiri dari 10 karya berukuran 40 cm x 40 cm, yang berjudul: karya 1-Seni Membatik, karya 2-Wayang Kulit, karya 3-Warag Ngendhog, karya 4- Karapan Sapi, karya 5-Reog Ponorogo, karya 6-Lompat Batu, karya 7-Barong Bali; karya 8-Pandai Keris, karya 9-Ondel-ondel, dan arya 10-Kuda Lumping. Karya- karya ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan menambah pandangan baru tentang budaya sekitar yang kaya akan nilai historisnya.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Geertz, C. 1977. The Interpretation Of Cultures (Basic Books Classics). New York:Basic Books, Inc. http://www.amazon.com/Interpretation- Cultures-Basic-Books- Classics/dp/0465097197.

Kotler, P. and Armstrong, G. 2014. Principle Of Marketing 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Materiedukasi.com .2017. 7 (Tujuh) Unsur-Unsur Kebudayaan Universal Menurut Kluckhon dan Koentjaraningrat, Materiedukasi.com. https://www.materiedukasi.com/2017/01/ 7-tujuh-unsur-unsur- kebudayaan- universal-menurut-klickhon-dan- koentjaraningrat.html?m=1 (Accessed: 5 November 2020).

Salam, S. 2017. Seni Ilustrasi: Esensi - Sang Ilustrator - Lintasan - Penilaian, Journal of Chemical Information and Modeling. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sanyoto, S. E. 2009. Nirmana Dasar-Dasar Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Sunaryo, A. 2002. Nirmana I. Semarang. Tidak diterbitkan

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Edited by A. Offset. Yogyakarta.

Syifa. 2017. Tiga Belas Pengertian Budaya Menurut Para Ahli, MateriIps.com. Available at: https://materiips.com/pengertian- budaya (Accessed: 4 June 2020).

Tjiptono, F. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offeset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.