EKSPLORASI DESAIN KARAKTER UNTUK KAMPANYE SOSIAL PLUS SIZE

Livia Maharini(1), Rizki Taufik Rakhman(2),


(1) Universitas Negeri Jakarta, Jurusan Pendidikan Seni Rupa
(2) Universitas Negeri Jakarta, Jurusan Pendidikan Seni Rupa

Abstract

Citra tubuh atau body image adalah visualisasi diri seseorang dalam pikirannya tentang penampilan fisiknya, bentuk, ukuran, dan sikap yang dibentuk terhadap karakteristik yang ada pada tubuhnya. Bentuk tubuh yang gemuk atau plus size, merupakan salah satu citra tubuh yang kerap dipandang negatif yang pada masyarakat. Bentuk tubuh yang dipandang negatif ini dapat membuat pemilik tubuh memiliki rasa tidak percaya diri atau bahkan mengidap masalah kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi karakter untuk menemukan karakter plus size melalui eksplorasi desain dalam kampanye sosial body positivity. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design thinking hingga tahap pembuatan prototype. Hasil penelitian berupa karakter plus size sebagai representasi remaja perempuan untuk kampanye sosial.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Tillman, B. 2011. Creative Character Design. United Kingdom: Elsevier.

Rice, Melanie. 1995. My First Body Book. New York: Dorling Kindersley.

Homan, Devi Kurniawati. 2014. EKSPLORASI VISUAL DIRI DALAM DESAIN KARAKTER. Jurnal Humaniora. 5(2): 739.

Akhmad, Mukhlis. 2013. Berpikir Positif Pada Ketidakpuasan Terhadap Citra Tubuh. Jurnal Psikoislamika. 10 (1), 6-8.

Desi, Eunike. 2022. Visualisasi Wanita Plus Size dalam Estetika Fotografi. Jurnal Specta. 6 (1), 21-36.

Suhlah, Hafiyah. 2022. Perancangan Sablon Dan Bordir Pada Dress Sumber Ide Body Positivity dalam Imajinasi: Jurnal Seni, Vol XVI, No. 2 – Oktober 2022 (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.ph p/imajinasi/article/view/41725).

Ifdil, Ifdil. 2017. Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian dan Bimbingan Konseling. 2 (3), 107-113.

Arindita, Ruvira. 2020. Analisis Naratif tentang Kampanye #BodyProudMums oleh Mothercare di Instagram. Jurnal Ultima Comm. 12 (2), 319.

Khairani, Meuthia. 2022. “Fakta Menarik tentang Kulit Cokelat atau Eksotis, Warna Kulit yang Dimiliki Kebanyakan Perempuan Indonesia”. Beautynesia (https://www.beautynesia.id/beauty/fakt a-menarik-tentang-kulit-cokelat-atau- eksotis-warna-kulit-yang-dimiliki- kebanyakan-perempuan-indonesia/b- 265966). Diakses pada 25 April 2023.

Friis Dam, Rikke. 2022. “What is Design Thinking and Why Is It So Popular?”. Interaction Design (https://www.interaction- design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular). Diakses pada 24 April 2023.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.