PENGOLAHAN LIMBAH KAIN PERCA HOME INDUSTRY SEBAGAI MEDIA KANVAS LUKIS

Muhammad Reval Eka Putra(1), Tati Taufik Narawati(2), Yudi Sukmayadi(3),


(1) Program Magister Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Program Magister Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Program Magister Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Dari zaman dahulu hingga sekarang ini seni telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Seni tertanam begitu dalam di semua aspek kehidupan dan jiwa manusia sehingga hingga saat ini tidak mungkin untuk memisahkannya. Masyarakat tidak memberikan perhatian yang cukup pada tambal sulam meskipun dapat digunakan dalam sebuah karya seni, salah satunya adalah media kanvas lukis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengolah limbah kain untuk memasangkannya pada permukaan datar agar dapat menjadi sebuah media berkarya. Limbah konveksi dapat dimanfaatkan untuk membuat kain perca, yang kemudian dimanfaatkan sebagai media kanvas lukis. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif untuk menjelaskan proses pemanfaatan limbah kain yang diolah untuk menjadi sebuah kanvas lukis. Dari penelitian menghasilkan sebuah produk berupa kanvas yang terbuat dari limbah kain perca yang merupakan sisa dari home industry, semoga dari penelitian ini dapat memotivasi agar dapat memanfaatkan limbah menjadi barang yang dapat digunakan untuk kebutuhan berkarya khususnya seni lukis.

Keywords

art, seni

Full Text:

PDF

References

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit RINEKA CIPTA.

Diana, D., Irawan, Y., Fakriah, F., & Anisah, Y. 2017. Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Pengolahan Limbah Kain Perca di Desa Alue Lim Kec. Blang Mangat Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi. 1(1), 37-44.

Dewanti, A. R., Adisurya, S. I., Damayanti, R. A., Wilastrina, A., Putri, M. S. U., & Elizabeth, P. V. 2021. Pemanfaatan Kain Perca dengan Teknik Quilt Menjadi Produk Baru yang Bernilai Jual. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. 3(1), 86-95.

Hartiningrum, E. S., Maarif, S., & Rakhmawati, N. 2020. Pemaanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis. Comvice. Vol 4 No 2, 37-42.

Muslih, M., Hadi, A., & Zaini, A. A. 2021. Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Melalui Home Industry dengan Memanfaatkan Kain Perca di Desa Kranji Paciran Lamongan. KERIS: Journal of Community Engagement. 1(1), 18- 26.

Rambe, A. 2015. IbM Usaha Penjahit Busana Wanita dalam Pembuatan Aksesoris dari Limbah Kain Perca. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 21(82), 1-6.

Ranti, M. G., & Susilawati, E. 2019. Shasira Craft, Usaha Kerajinan Kain Perca Sasirangan Sebagai Upaya Pemberdayaan Ibu-Ibu Warga Perumahan Seribu, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG). 4(2), 32-41.

Rosdiana, A., Yulistianti, H. D., & Laila, A. N. 2018. Pemanfaatan Kain Perca sebagai APE Pillow Doll untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Dedicators Community. 2 (1), 1-7.

Santoso, A. I., Muttaqin, H., & Widiyanti, E. 2017. IPTEK bagi Masyarakat (IBM) Pengolahan Limbah Kain Perca di Kelurahan Tipes Kecamatan Serengan Kota Solo. Seminar Nasional 6th UNS SME’s SUMMIT & Awards (pp. 169-177).

Sholiha, N. 2019. Pengolahan Sampah Daun Nanas Sebagai Media Berkarya Seni Rupa. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sumanto, S., & Sukamti, S. 2018. Keragaman Jenis dan Model Produk Home Industry Kerajinan Tangan sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 27(1), 49-58.

Wilastrina, A. 2021. Pelatihan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga dari Kain Perca, Menjadi Benda yang Memiliki Fungsi Baru sebagai Elemen Estetis/ Aksesoris. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1), 21-28.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.